SURAT AL MAR'AH FI AL QISSAH AL QASIRAH LAYLAT AL ZAFAF LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH ADABIYYAH NISAIYYAH)

ZULFATUN FITRIYAH, NIM. 11110097 (2016) SURAT AL MAR'AH FI AL QISSAH AL QASIRAH LAYLAT AL ZAFAF LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH ADABIYYAH NISAIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SAWTU AL MAR'AH FI AL QISSAH AL QASIRAH LAYLAT AL ZAFAF LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH ADABIYYAH NISAIYYAH))
11110097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SAWTU AL MAR'AH FI AL QISSAH AL QASIRAH LAYLAT AL ZAFAF LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH ADABIYYAH NISAIYYAH))
11110097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan tentang kehidupan perempuan yang tertindas oleh budaya patriarki. Kedudukan perempuan dalam budaya patriarki dipandang sebelah mata oleh kaum laki-laki. Oleh karena itu, melalui cerpen ini Najib Kailani memperlihatkan sosok perempuan pembebas yang berani mendobrak budaya patriarki yang sudah mengakar pada masa itu. Dari penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini telah menunjukkan citra perempuan yang positif. Tokoh perempuan (Nurah) dalam cerpen ini memberikan perlawanan secara radikal tanpa ada ambivalensi dalam dirinya. Ia sosok perempuan yang benar-benar berusaha membebaskan dirinya dari budaya patriarki. Di mata kontruk sosial ia dipandang jelek karena kekerasan yang dilakukan pada suaminya. Namun, ia benar-benar citra perempuan pembebas yang utuh yang tidak tergiur dan menaruh hormat serta tunduk karena kedudukan dan harta laki-laki. Ia sadar bahwa tidak ada beda antara laki-laki dan perempuan, kecuali kodrat dan yang lainnya hanyalah konstruk sosial. Dalam cerpen ini tokoh perempuan mempunyai semangat feminis, yakni pantang menyerah dan berperilaku menyimpang. Kata kunci: feminis, budaya patriarki, reading as woman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: feminis, budaya patriarki, reading as woman
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Feb 2016 08:08
Last Modified: 26 Feb 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19551

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum