ASESMEN PEKERJA SOSIAL TERHADAP EKS PSIKOTIK (TUNALARAS) STUDI KASUS DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA

NOOR ROHMAH, NIM 11250009 (2016) ASESMEN PEKERJA SOSIAL TERHADAP EKS PSIKOTIK (TUNALARAS) STUDI KASUS DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASESMEN PEKERJA SOSIAL TERHADAP EKS PSIKOTIK (TUNALARAS) STUDI KASUS DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA)
11250009_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (ASESMEN PEKERJA SOSIAL TERHADAP EKS PSIKOTIK (TUNALARAS) STUDI KASUS DI PANTI SOSIAL BINA KARYA (PSBK) YOGYAKARTA)
11250009_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Noor Rohmah, Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan latar belakang teknik asesmen baru yakni form monitoring perkembangan sebagai teknik tambahan yang merupakan sebuah inovasi pekerja sosial dalam keilmuan asesmen terhadap klien eks psikotik di Panti Sosial Bina Karya, Yogyakarta. Serta, posisi asemen instrumen biopsikososialspiritual dengan form monitoring perkembangan berdasarkan pada proses pelayanan rehabilitasi sosial di PSBK, meliputi tahap penerimaan awal, tahap rehabilitasi dan tahap resosialisasi. 2) menjelaskan analisis pola asesesmen pada proses pelaksanaan asesmen di Panti Sosial Bina Karya, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan mendeskripsikan proses pelaksanaan asesmen yang dilakukan pekerja sosial terhadap eks psikotik secara menyeluruh.Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah informan yang dapat memberikan data terkait pelaksanaan asesmen. Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah pelaksana asemen terhadap eks psikotik di Panti Sosial Bina Karya Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya penjelasan mengenai latar belakang muncul asesmen form monitoring disebabkan adanya hubungan simbiosismutualisme antara PSBK dengan mahasiswa praktikan. Serta analisis pola asesmen dengan teori Person In Environment dan analisis sistem Pinchus Minahan melalui beberapa tahapan pelaksanaan asesmen meliputi tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Adapun pada tahap pelaksanaan meliputi jenis data asesmen, cara mengumpulkan data asesmen, lama peksanaan asesmen, sumber asesmen dan laporan asesmen. Berdasarkan sistem teori terdapat 4 komponen sistem agen pengubah, sistem klien, sistem sasaran dan sistem kegiatan. Sedangkan, PIE mencakup 4 (empat) faktor. Pada faktor kedua, di dalam instrumen BPSS maupun form monitoring tidak tercantumkan adanya penelusuran mengenai pengaruh lingkungan terhadap masalah klien. Namun, penelusuran faktor kedua PIE dilakukan ketika pelaksanaan home visit dengan menggunakan pemetaan masalah berdasarkan ecomap. Kata kunci : Posisi asesmen, Proses asesmen dan Analisis pola asemen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Ulil Absor, S.H.I., M,A
Uncontrolled Keywords: Posisi asesmen, Proses asesmen dan Analisis pola asemen.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2016 09:30
Last Modified: 01 Mar 2016 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum