KESEJAHTERAAN SOSIAL TUNAGRAHITA (Studi Kasus di Dusun Tanggungrejo Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo)

LUTFIA ANDRIANA, NIM 11250038 (2015) KESEJAHTERAAN SOSIAL TUNAGRAHITA (Studi Kasus di Dusun Tanggungrejo Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESEJAHTERAAN SOSIAL TUNAGRAHITA (Studi Kasus di Dusun Tanggungrejo Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo))
11250038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KESEJAHTERAAN SOSIAL TUNAGRAHITA (Studi Kasus di Dusun Tanggungrejo Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo))
11250038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dusun Tanggungrejo dengan skripsi berjudul “Kesejahteraan Sosial Tunagrahita (Studi Kasus di Dusun Tanggungrejo Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo)”. Menariknya, jarang dijumpai di desa lain yang puluhan warganya merupakan tunagrahita dengan beberapa pelatihan, bantuan, dan pemberdayaan yang diberikan masyarakat untuk warga tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas kondisi warga tunagrahita kategori ringan dan sedang dapat dikatakan sejahtera. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas mereka yang masih berfungsi secara sosial, seperti bekerja untuk memenuhi kebutuhannya, membantu orang lain, dan lingkungan masyarakat yang memberikan kenyamanan. Selain itu, di desa ini juga terdapat peluang bagi warga tunagrahita seperti pelatihan, bantuan dari pemerintah berupa hewan ternak, beras miskin, kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat, serta adanya pusat kesehatan, pendidikan, dan tempat beribadah yang mudah dijangkau, bahkan kepedulian masyarakat dalam hal pernikahan warga tunagrahita. Berbeda dengan warga tunagrahita kategori berat, mereka tidak bisa dikatakan sejahtera, karena mereka sudah tidak mampu bekerja dan hanya bergantung kepada orang lain. Kondisi kesejahteraan sosial warga tunagrahita di Dusun Tanggungrejo Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo telah peneliti analisis dengan menggunakan teori (James Midgley) yaitu tiga ukuran kondisi kesejahteraan sosial yang meliputi (1) masalah sosial dapat dikelola dengan baik, (2) kebutuhan tercukupi, dan (3) peluang sosial dalam masyarakat terbuka secara maksimal. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peristiwa, kondisi kesejahteraan sosial, dan aktivitas sosial warga tunagrahita dengan menggunakan metode observasi, wawancara dengan beberapa informan yang terkait, serta dokumentasi berupa data-data tertulis dan gambar. Kata Kunci: kesejahteraan sosial, tunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Arif Maftuhin, M.Ag., MAIS
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan sosial, tunagrahita.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2016 03:27
Last Modified: 01 Mar 2016 03:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item View Item