PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MISKIN OLEH LEMBAGA STUDI PENGEMBANGAN PEREMPUAN DAN ANAK (LSPPA) DI DUSUN POLAMAN, BANTUL, YOGYAKARTA

AFIFUL ANAM, NIM 11250074 (2015) PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MISKIN OLEH LEMBAGA STUDI PENGEMBANGAN PEREMPUAN DAN ANAK (LSPPA) DI DUSUN POLAMAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MISKIN OLEH LEMBAGA STUDI PENGEMBANGAN PEREMPUAN DAN ANAK (LSPPA) DI DUSUN POLAMAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
11250074_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MISKIN OLEH LEMBAGA STUDI PENGEMBANGAN PEREMPUAN DAN ANAK (LSPPA) DI DUSUN POLAMAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
11250074_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (17MB)

Abstract

Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Miskin Oleh Lembaga Studi Pengembangan Perempuan Dan Anak (LSPPA) Di Dusun Polaman, Bantul, Yogyakarta. Skripsi program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. 2015. Masalah kemiskinan yang terjadi di Indonesia sampai saat ini masih terbilang tinggi. Ada berbagai faktor yang menyebabkan kemiskinan yang terjadi masih tinggi, dari tingkat pendidikan yang rendah sampai ketatnya persaingan di dunia kerja. Selain itu faktor kebijakan yang kurang berpihak pada rakyat kecil menjadi salah satu penyebab angka kemiskinan masih tinggi. Yang menjadi perhatian saat ini kemiskinan lebih dominan dialami oleh perempuan. Usaha untuk pengentasan kemiskinan sudah banyak dilakukan oleh pemerintah maupun lembaga non pemerintah (NGO). Salah satunya, lembaga studi pengembangan perempuan dan anak (LSPPA) Yogyakarta yang bergerak dalam bidang pengembangan perempuan dan anak. Lembaga ini ikut berperan dalam pengentasan kemiskinan dengan program pemberdayaan perempuan disalah satu wilayah di Yogyakarta yaitu dusun Polaman, Bantul, Yogyakrta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan ekonomi perempuan yang dilakukan dan dampak dari pemberdayaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen dan artikel baik dari internet maupun buku yang berkaitan serta hasil dari observasi yang dilakukan. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pemberdayaan yang sudah dilakukan sesuai dengan tahapan pemberdayaan masyarakat yang meliputi observasi, perencanaan program, intervensi (implementasi program), pendampingan dan sampai pembentukan kelompok usaha bersama “KUB Lestari. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam pemberdayaan adalah pelatihan membuat emping (melinjo, garut dan jagung), pelatihan membuat kue dan pelatihan pakacing (pengemasan). Selain itu dampak dari pemberdayaan adalah dampak sosial ekonomi dan sosial budaya. Untuk dampak sosial ekonomi terjadi peningkatan pendapatan dan pergeseran okupasi sedangkan dampak sosial budaya terjadi perubahan pada aktifitas gotong royong yaitu rewang. Kata Kunci : Pemberdayaan perempuan, Lembaga studi pengembangan perempuan dan anak (LSPPA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Aryan Torrido, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan perempuan, Lembaga studi pengembangan perempuan dan anak (LSPPA)
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2016 06:59
Last Modified: 01 Mar 2016 06:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19581

Actions (login required)

View Item View Item