TANGGUNG JAWAB SOSIAL PT. MADUBARU MELALUI KELOMPOK SAPI TIMBUL LESTARI DI DUKUH BANYUSUMURUP, DESA GIRIREJO, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DARMANTO, NIM. 11250075 (2015) TANGGUNG JAWAB SOSIAL PT. MADUBARU MELALUI KELOMPOK SAPI TIMBUL LESTARI DI DUKUH BANYUSUMURUP, DESA GIRIREJO, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TANGGUNG JAWAB SOSIAL PT. MADUBARU MELALUI KELOMPOK SAPI TIMBUL LESTARI DI DUKUH BANYUSUMURUP, DESA GIRIREJO, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11250075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TANGGUNG JAWAB SOSIAL PT. MADUBARU MELALUI KELOMPOK SAPI TIMBUL LESTARI DI DUKUH BANYUSUMURUP, DESA GIRIREJO, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11250075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (899kB)

Abstract

Tanggung Jawab Sosial PT. Madubaru terhadap Kelompok Sapi Timbul Lestari, di Dukuh Banyusumurup, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2015. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2015 dengan tujuan untuk membahas Tanggung Jawab Sosial PT. Madubaru terhadap Kelompok Sapi Timbul Lestari, di Dukuh Banyusumurup, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan bagaimana sebuah perusahaan memberikan dampak bagi pembangunan masyrakat mengingat PT. Madubaru merupakan salah satu perusahaan yang sudah berdiri lama di daerah Istimewa Yogyakarta. Apa yang mendasari pelaksanaan tanggung jawab sosial bagi perusahaan serta bagaimana pelaksanaan serta dampak yang ditimbulkan merupakan sebuah usaha yang mendukung sebuah kegiatan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT. Madubaru terhadap Kelompok Sapi Timbul Lestari, di Dukuh Banyusumurup, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara, Subjek penelitiannya adalah seorang dewan Pembina dan pelaksana PKBL dan stafnya serta beberapa pengurus dan beberapa anggota dari Kelompok Sapi Timbul Lestari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada PT. Madubaru melaksanakan tanggung jawab sosialnya melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan melibatkan Kelompok Sapi Timbul Lestari, di Dukuh Banyusumurup, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan berbentuk pemberdayaan kelompok dimana PKBL melaksanakan berbagai kegiatan guna meningkatkan kemandirian kelompok Sapi Timbul Lestari seperti pemberian pinjaman langsung maupun pendampingan dan pelatihan-pelatihan yang bertujuan menjadikan kelompok sapi Timbul Lestari berdaya dan mandiri dalam bidang ekonomi dan sosial. Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial PT. Madubaru, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Kelompok Sapi Timbul Lestari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Suisyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Sosial PT. Madubaru, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Kelompok Sapi Timbul Lestari.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2016 07:03
Last Modified: 01 Mar 2016 07:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19582

Actions (login required)

View Item View Item