TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI PERUMAHAN DIRGANTARA ASRI NGENTAK MEJING JOGOTIRTO BERBAH SLEMAN

LUKY INDAH W, NIM. 11250097 (2015) TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI PERUMAHAN DIRGANTARA ASRI NGENTAK MEJING JOGOTIRTO BERBAH SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI PERUMAHAN DIRGANTARA ASRI NGENTAK MEJING JOGOTIRTO BERBAH SLEMAN)
11250097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI PERUMAHAN DIRGANTARA ASRI NGENTAK MEJING JOGOTIRTO BERBAH SLEMAN)
11250097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Program Keluarga Berencana di Perumahan Dirgantara Asri Ngentak Mejing Jogotirto Berbah Sleman. Skripsi Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015 Partisipasi masyarakat adalah keikutsertaan masyarakat dalam suatu kegiatan. Keberhasilan suatu program, harus ada campur tangan dari masyarakat sebagai bagian dari bentuk partisipasi masyarakat. Partisipasi dalam penelitian ini adalah partisipasi warga dalam Program Keluarga Berencana. Peneliti menggunakan teori Sherry R. Arnstein tentang derajat partisipasi yang digolongkan dalam delapan anak tangga yang digunakan untuk mengukur seberapa besar Partisipasi warga. Berdasarkan hasil penelitian, partisipasi warga dalam Program Keluarga Berencana dilakukan dengan cara menjadi salah satu akseptor KB, baik itu akseptor pria maupun akseptor wanita. Selain itu dibuktikan dengan kesadaran warga untuk membatasi dan mengatur jarak kelahiran anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dan bersifat deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi di Perumahan Dirgantara Asri Ngentak Mejing Jogotirto Berbah Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Partisipasi warga dalam Program Keluarga Berencana. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan, mengurutkan data kedalam pola, kategori sehingga dapat dirumuskan hipotesis seperti yang disarankan oleh data. Penelitian menunjukan bahwa kecenderungan partisipasi warga dalam pemerintahan maupun dalam Program Keluarga Berencana di Perumahan Dirgantara Asri masuk dalam level tokenism yaitu tanda tanda partisipasi dan citizen power yaitu kekuatan warga artinya sudah melewati level non participation. Kata Kunci : Tingkat, partisipasi, Masyarakat, Program Keluarga Berencana, Perumahan Dirgantara Asri Ngentak Mejing Jogotirto Berbah Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Arif Maftuhin, M.Ag. M.A.I.S
Uncontrolled Keywords: Tingkat, partisipasi, Masyarakat, Program Keluarga Berencana, Perumahan Dirgantara Asri Ngentak Mejing Jogotirto Berbah Sleman.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2016 08:33
Last Modified: 01 Mar 2016 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item