Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan

PURNAMA, SIGIT (2010) Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan. In: Makalah disampaikan dalam diskusi kelas Program Doktor Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 30-11-2010, Malang.

[img]
Preview
Text (DESAIN PENELITIAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN)
SIGIT PURNAMA - Desain Penelitian Kebijakan Pendidikan.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, pendidikan telah memasuki dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kawasan publik. Lihatlah misalnya, ketika pemerintah membuat dan melaksanakan kebijakan Ujian Nasional (UN). Masyarakat terbelah menjadi dua kutub yang saling berseberangan, ada yang pro dan kontra dengan kebijakan tersebut. Artinya, UN tidak hanya menjadi bagian/urusan segelintir orang atau kelompok tertentu, tetapi menjadi bagian/urusan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dengan demikian, UN sebagai sebuah produk kebijakan pendidikan telah menjadi kebijakan publik. Bambang (2008) memberikan pertimbangan rasional mengenai kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Pertama, kebijakan pendidikan mempunyai dampak terhadap masyarakat secara luas. Kedua, untuk mengimplementasikan kebijakan pendidikan diperlukan dana publik yang sangat besar, bahkan alokasi dana untuk pendidikan merupakan alokasi terbesar jika dibanding dengan alokasi dana untuk sektor publik lainnya. Danim (2005) mengungkapkan bahwa penelitian kebijakan dilaksanakan dengan menempuh langkah-langkah yang secara umum sama dengan penelitian tradisional. Perbedaan utamanya terletak pada telaah pustaka dan perumusan rekomendasi hasil studi. Telaah pustaka dalam penelitian kebijakan sifatnya bukan predetermined theory atau predefined theory (berbasiskan teori), tetapi berdasarkan data. Sifat rekomendasinya tidak sama dengan rumusan rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian tradisional. Rumusan rekomendasi yang dibuat harus dianalisis ulang untuk kemungkinan dimodifikasi.Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan, hal-hal sebagai berikut: 1. Penelitian kebijakan pendidikan adalah suatu penelitian tentang kebijakan pendidikan yang telah ada. Kebijakan pendidikan merentang dari proses perumusan, implementasi, kinerja, dan lingkungan kebijakan pendidikan. 2. Penelitian kebijakan pendidikan dapat dibedakan dengan analisis, monitoring, dan evaluasi kebijakan pendidikan. Analisis kebijakan pendidikan adalah merupakan proses inisiasi dari perumusan kebijakan pendidikan. Monitoring kebijakan pendidikan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan ketika sebuah kebijakan pendidikan. Evaluasi kebijakan pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan setelah kebijakan pendidikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: desain, penelitian, kebijakan, pendidikan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User / Editor: Dr. SIGIT PURNAMA, M.Pd.
Date Deposited: 03 Mar 2016 08:40
Last Modified: 03 Mar 2016 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19595

Actions (login required)

View Item View Item