ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BALAI LATIHAN KERJA KULON PROGO D.I YOGYAKARTA (Studi Atas Pelaksanaan Pelatihan Tahun 2015)

EKO YULIANTO, NIM 11240066 (2016) ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BALAI LATIHAN KERJA KULON PROGO D.I YOGYAKARTA (Studi Atas Pelaksanaan Pelatihan Tahun 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BALAI LATIHAN KERJA KULON PROGO D.I YOGYAKARTA (Studi Atas Pelaksanaan Pelatihan Tahun 2015))
11240066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BALAI LATIHAN KERJA KULON PROGO D.I YOGYAKARTA (Studi Atas Pelaksanaan Pelatihan Tahun 2015))
11240066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (846kB)

Abstract

Eko Yulianto, 11240066 dengan judul skripsi “Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia di Balai Latihan Kerja Kulon Progo D.I Yogyakarta (Studi Atas Pelaksanaan Pelatihan Tahun 2015), Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. Tingginya pengangguran di Kabupaten Kulon Progo diakibatkan oleh rendahnya keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat usia produktif atau angkatan kerja sehingga tidak terserap oleh pasar kerja. Dalam menghadapi permasalahan tersebut maka Balai Latihan Kerja Kulon Progo sebagai lembaga unit pelaksana teknis dituntut menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten yang sesuai kebutuhan pasar kerja dan pasar usaha dengan melakukan pengembangan SDM bagi peserta usia produktif melalui pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam teknisnya pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan klasifikasi, editing dan penyajian data sesuai karakter dan jenis masing-masing data. Sebelum data yang terkumpul dianalisis, terlebih dahulu dilakukan pengecekan keabsahan melalui triangulasi pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan di BLK Kulon Progo Tahun 2015 termasuk baik. Sebelum pelatihan dilakukan perencanaan terlebih dahulu yang terdiri dari identifikasi kebutuhan pelatihan, identifikasi tujuan pendanaan, rekruitmen dan seleksi peseta pelatihan, pembentukan tim pelaksana dan instruktur, mempersiapkan sarana dan prasarana, dan kurikulum. Setelah perencanaan, dilakukan pelaksanaan pelatihan yang diawali dengan penjadwalan, penyerahan fasilitas dan peralatan kepada peserta, menciptakan lingkungan belajar. Selama pelaksanaan menggunakan beberapa metode. Metode-metode yang digunakan yaitu metode off job trainning yang meliputi ceramah, diskusi tanya jawab, demonstrasi, praktek kerja atau simulasi dan metode selanjutnya yaitu on job trainning melalui program magang. Setelah pelatihan selesai dilaksanakan kemudian melakukan evaluasi. Kata Kunci: Pelatihan, Pengembangan SDM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aris Risdiana S.Sos.I MM
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Pengembangan SDM
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2016 09:45
Last Modified: 02 Mar 2016 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum