ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN 109 DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SEDEKAH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA TAHUN 2015

DIAH RIRIN NOVIYANTI, NIM 11240118 (2015) ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN 109 DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SEDEKAH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA TAHUN 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN 109 DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SEDEKAH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA TAHUN 2015)
11240118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN 109 DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SEDEKAH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA TAHUN 2015)
11240118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (548kB)

Abstract

LAZIS YBW UII merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam sektor publik non profit. Dalam menjalankan aktifitasnya LAZIS YBW UII yang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat mengeluarkan laporan keuangan sebagaimana telah dicontohkan dalam PSAK 109 tentang zakat, sebagai bentuk tangggungjawab kepada masyarakat dan yayasan universitas islam Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana laporan keuangan yang dibuat oleh LAZIS YBW UII mulai dari pengukuhan dan pencatatan baik penerimaan maupun pentasyarufan sehingga menghasilkan sebuah laporan akhir untuk dipubliskan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data dengan kata-kata bukan angka dengan melakukan wawancara, observasi langsung dan pengumpulan dokumentasi secara detail dan bertahap. Teknik yang digunakan dalam analisis ini adalah aktifitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai jenuh. Aktifitas dalam analisis data meliputi tiga unsur, yaitu : Data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Dari hasil penelitian LAZIS YBW UII untuk periode pelaporan semesteran yang berakhir bulan Juni 2015, pada tahun tersebut belum menerapkan PSAK 109 tentang zakat, infaq dan sedekah. Namun, laporan keuangan yang ada di LAZIS YBW UII memiliki kemiripan dengan standar PSAK 109 tentang zakat meskipun kurang sempurna, hal ini disebabkan karena LAZIS UII menerapkan PSAK 45 tentang laporan keuangan nirlaba. Dalam PSAK 109 tentang zakat, laporan keuangan yang sesuai standar meliputi laporan posisi keuangan (neraca), laporan perubahan dana, laporan perubahan aset kelola, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Sementara laporan keuangan yang dimiliki LAZIS YBW UII meliputi laporan neraca, laporan perubahan dana, dan catatan-catatan atas laporan keuangan. Keyword: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 109, Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 109, Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2016 10:37
Last Modified: 02 Mar 2016 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19602

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum