PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN AL-KALAM BAGI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL QUR’AN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015

ISMAIL SHOLEH, NIM. 10420102 (2016) PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN AL-KALAM BAGI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL QUR’AN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN AL-KALAM BAGI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL QUR’AN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
10420102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN AL-KALAM BAGI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL QUR’AN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
10420102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (692kB)

Abstract

Ismail Sholeh,10420102,” Penerapan Metode Mimicry Memorization Dalam Pembelajaran Al-Kalam Bagi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015”, Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode mimicry memorization dalam pembelajaran kalam bagi siswa kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015 dan tingkat efektivitas metode mimicry memorization dalam pembelajaran kalam bagi siswa kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala kepala MA Darul Qur’an Wonosari, guru Bahasa Arab dan siswa MA Darul Qur’an Wonosari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mimicry memorization dalam pembelajaran kalam bagi siswa Kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul adalah meniru dan menghafal yang dilakukan secara berulang-ulang yang pada akhirnya memberikan dampak kepahaman pada siswa secara langsung dan otomatis. Berdasarkan pengamatan peneliti, dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MA Darul Qur’an sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedural pelaksanaan pembelajarannya itu sendiri, yaitu guru meminta siswa untuk menirukan materi yang diucapkan oleh guru, siswa meniru guru dengan cara melafalkankannya dengan tepat dan benar, guru mengajak siswa untuk melafalkan materi dan arti berulang-ulang sampai tiga kali. Penerapan metode mimicry memorization dalam pembelajaran kalam bagi siswa Kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul mimicry memorization dalam pembelajaran kalam ditinjau dari respon bagi siswa kelas XI MA Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015 dikatakan efektif, karena jumlah persentase penilaian baik dan sangat baik lebih dari pada jumlah persentase penilaian kurang baik dan cukup baik, yaitu : 91,16% > 8.82% . Kata kunci : Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Mimicry Memorization , MA Darul Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Mimicry Memorization , MA Darul Qur’an
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2016 07:59
Last Modified: 04 Mar 2016 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum