IMPLEMENTASI KITAB AL ‘ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID I DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWI TINGKAT PEMULA PONDOK PESANTREN DARUSH SHALIHAT ANGKATAN VIII YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014

UMMI SAKDIAH, NIM. 11420033 (2015) IMPLEMENTASI KITAB AL ‘ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID I DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWI TINGKAT PEMULA PONDOK PESANTREN DARUSH SHALIHAT ANGKATAN VIII YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KITAB AL ‘ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID I DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWI TINGKAT PEMULA PONDOK PESANTREN DARUSH SHALIHAT ANGKATAN VIII YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014)
11420033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KITAB AL ‘ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID I DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWI TINGKAT PEMULA PONDOK PESANTREN DARUSH SHALIHAT ANGKATAN VIII YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014)
11420033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ummi Sakdiah, Implementasi Kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I Dalam Pembelajaran Mahārah Al-kalām Mahasiswi Tingkat Pemula Pondok Pesantren Darush Shalihat angkatan VIII Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014, Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini difokuskan pada gambaran implementasi kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I dalam meningkatkan mahārah kalām dengan subjek penelitian adalah santriwati Darush Shalihat angkatan VIII dan kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I sebagai buku panduan dalam pembelajaran bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, metode tes, dan analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I khususnya dalam meningkatkan mahārah al-kalām. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), metode penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Penulis datang langsung ke lapangan yaitu pondok pesantren Darush Shalihat untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran bahasa Arab santriwati angkatan VIII dalam meningkatkan mahārah al-kalām. Peneliti juga menganalisis materi yang terkandung dalam kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Konsep materi yang terkandung dalam kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I, bila dilihat dari konsep materi tersebut sudah efektif dan sesuai untuk meningkatkan mahārah alkalām khususnya untuk mahasiswi tingkat pemula pondok pesantren Darush Shalihat angkatan VIII. Materi yang terkandung di kitab sesuai dengan standar kelayakan materi. 2) Implementasi pembelajaran bahasa Arab dengan kitab Al ‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I belum efektif karena latar belakang pendidikan santri yang heterogen menyebabkan adanya problematika yang dihadapi ustadzah dalam pembelajaran bahasa Arab. Dimana ada santri yang sudah pernah belajar bahasa Arab bahkan ada yang belum pernah sama sekali belajar bahasa Arab. 3) Hasil evaluasi pembelajaran bahasa Arab dalam mahārah al-kalām santriwati menunjukkan hasil belum maksimal. Nilai tertinggi ada satu santriwati yaitu 9,0 dan untuk nilai dibawah KKM yaitu 7,5 ada tujuh belas santri yang mendapat nilai tersebut. Apabila dilihat dari rata-rata santri Darush Shalihat angakatan VIII maka hasil evaluasi menunjukkan nilai 7,4 dibawah rata-rata. Kata Kunci : Implementasi, Mahārah Al-kalām

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tulus Musthofa, Lc, MA.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Mahārah Al-kalām
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2016 11:00
Last Modified: 04 Mar 2016 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19652

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum