TINGKAT KESIAPAN MAHASISWA PBA MENJADI GURU BAHASA ARAB PROFESIONAL (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Angkatan 2012 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

UMMUL HIKMAH HAFIDZAH, NIM. 12420003 (2015) TINGKAT KESIAPAN MAHASISWA PBA MENJADI GURU BAHASA ARAB PROFESIONAL (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Angkatan 2012 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT KESIAPAN MAHASISWA PBA MENJADI GURU BAHASA ARAB PROFESIONAL (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Angkatan 2012 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
12420003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT KESIAPAN MAHASISWA PBA MENJADI GURU BAHASA ARAB PROFESIONAL (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Angkatan 2012 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
12420003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (653kB)

Abstract

Ummul Hikmah Hafidzah, “Tingkat Kesiapan Mahasiswa PBA Menjadi Guru Bahasa Arab Profesional (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Angkatan 2012 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan mahasiswa PBA FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2012 menjadi guru bahasa Arab profesional dilihat dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional dan bagaimana upaya mereka untuk menjadi guru bahasa Arab profesional Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan subjek penelitian mahasiswa PBA angkatan 2012 diambil sampel menggunakan rumus solvin sebanyak 80 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kesiapan mahasiwa PBA angkatan 2012 menjadi guru bahasa Arab profesional, 65% mahasiswa dikategorikan siap menjadi guru bahasa Arab profesional dan 35% mahasiswa dikategorikan belum siap menjadi guru bahasa Arab profesional. Kemudian dijabarkan lagi pada tiap-tiap kompetensi. Dilihat dari kompetensi pedagogik, 66,25% mahasiswa telah siap menjadi guru bahasa Arab dan 33,75% belum siap.. Kompetensi kepribadian, 70% mahasiswa dikategorikan siap dan 30% mahasiswa belum siap menjadi guru bahasa Arab profesional. Kompetensi sosial, 61,25% mahasiswa siap menjadi guru bahasa Arab profesional dan 38,75% mahasiswa berada dalam kategori belum siap. Kompetensi profesional, 63,75% mahasiswa berada dalam kategori siap menjadi guru bahasa Arab profesional dan 36,25% mahasiswa belum siap menjadi guru bahasa Arab profesional. Upaya mahasiswa PBA angkatan 2012 untuk menjadi guru bahasa Arab profesional diantaranya sebagai berikut: 1) Menguasai materi yang akan diajarkan kepada siswa. 2) Persiapan pra mengajar seperti pembuatan RPP, silabus, promes, prota, dan lainlain. 3) Mempelajari berbagai karakteristik siswa. 4) Mempelajari metode dan strategi yang tepat pada pembelajaran bahasa Arab. 5) Membaca buku. 6) Bertanya kepada yang lebih ahli. 7) Mengikuti organisasi yang berhubungan dengan interaksi. 8) Mempersiapkan dan melatih mental. 9) Mencari pengalaman mengajar. Kata Kunci: Kesiapan, Guru Bahasa Arab, Guru Profesional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Guru Bahasa Arab, Guru Profesional
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2016 11:07
Last Modified: 04 Mar 2016 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19654

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum