HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SANANUL ULA BANTUL

SHOFWATUN NI’MAH, NIM : 09480002 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SANANUL ULA BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SANANUL ULA BANTUL)
09480002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_2.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SANANUL ULA BANTUL)
09480002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (767kB)

Abstract

Shofwatun Ni’mah, 2015. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Sananul Ula Bantul. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas IV di MI Sananul Ula Bantul. Adapun yang menjadi dasar dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa di dalam pembelajaran di kelas. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan B di Madrasah Ibtidaiyah Sananul Ula Bantul sejumlah 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data secara analisis deskriptif dan korelasi product moment melalui pengolahan data SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel perhatian orang tua diperoleh rata-rata skor sebesar 75,2 sedangkan pada variabel motivasi belajar diperoleh rata-rata skor sebesar 75,3. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan korelasi yang positif antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa. Nilai signifikasi hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar sebesar 0,000 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,867. Nilai signifikasi 0,000 menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar sangat lemah. Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2016 13:21
Last Modified: 04 Mar 2016 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum