PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS ANAK BERPRESTASI DI SD NEGERI PANJATAN KULON PROGO

AHMAD IHSANUDIN, NIM : 09480057 (2016) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS ANAK BERPRESTASI DI SD NEGERI PANJATAN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS ANAK BERPRESTASI DI SD NEGERI PANJATAN KULON PROGO)
09480057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS ANAK BERPRESTASI DI SD NEGERI PANJATAN KULON PROGO)
09480057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD IHSANUDIN, Peran Orang Tua dalam Membentuk Religiusitas Anak di SD Berprestasi (Studi Kasus pada Siswa Kelas VI SD Negeri Panjatan Kulon Progo). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Religiusitas memiliki peranan penting dalam hidup dan kehidupan manusia baik secara pribadi maupun secara kelompok. Rendahnya religiusitas yang terjadi saat ini, menggambarkan bahwa religiusitas di kalangan anak masih sangat membutuhkan bimbingan dari berbagai pihak salah satunya dari orang tua. Peran orang tualah yang dapat membentuk religiusitas anak itu baik atau buruk. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan termasuk penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah sepuluh orang tua anak berprestasi kelas VI SD Negeri Panjatan Kulon Progo. Sedangkan objeknya adalah berkaitan dengan peran orang tua dalam membentuk religiusitas anak berprestasi yang bersekolah di SD Negeri Panjatan Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui langkah-langakah berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Peran orang tua dalam membentuk religiusitas anak adalah sebagai berikut: pertama orang tua sebagai penanggung jawab dan kedua, orang tua sebagai pendidik baik menyakut iman dan tauhid, akhlak dan kepribadian serta pendidikan dalam hal beribadah. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Membentuk Religiusitas Anak Berprestasi, Sekolah Dasar Negeri Panjatan Kulon Progo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Membentuk Religiusitas Anak Berprestasi, Sekolah Dasar Negeri Panjatan Kulon Progo.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2016 06:24
Last Modified: 04 Mar 2016 06:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item