MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) (Studi Kasus di Kelas V SD N Gembongan Kecamatan Sentolo)

DEDIK DWI PRIHATMOKO, NIM. 11480009 (2016) MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) (Studi Kasus di Kelas V SD N Gembongan Kecamatan Sentolo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) (Studi Kasus di Kelas V SD N Gembongan Kecamatan Sentolo))
11480009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) (Studi Kasus di Kelas V SD N Gembongan Kecamatan Sentolo))
11480009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

DEDIK DWI PRIHATMOKO. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) (Studi Kasus di Kelas V SD N Gembongan Kecamatan Sentolo). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan forum perkumpulan para guru dalam satu gugus. Tujuannya adalah mendiskusikan permasalahan yang sedang dihadapi para guru dengan dibarengi pemecahan masalah secara klasikal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengurus KKG, wali kelas V dan siswa kelas V sebanyak 6 orang di SDN Gembongan Kecamantan Sentolo. Objek penelitian adalah kompetensi guru dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan (reduksi data), triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Ibu Rini Ismiyati selaku guru kelas V: (1) Semakin kreatif dalam melakukan perencanaan pembelajaran, karena pengurus KKG mewajibkan setiap guru menyusun RPP secara mandiri dengan sistem pengarahan dan pendampingan oleh pengawas sekolah (2) Semakin berkembang dalam melaksanakan pembelajaran atau teaching skill khususnya dalam pengelolaan kelas, hanya saja dalam pembentukan kedisiplinan dan manajemen waktu masih belum optimal dalam pelaksanaannya, dan (3) Semakin variatif teknik evaluasi hasil belajar, karena pengurus KKG menghendaki para guru melakukan evaluasi secara variatif mulai dari penilaian proses, pretest, posttest, sikap, ketrampilan dan kecerdasan. Kata Kunci: Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Pedagogik (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajar)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Johariyah. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Pedagogik (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajar)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2016 06:35
Last Modified: 04 Mar 2016 06:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19657

Actions (login required)

View Item View Item