PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATERI KERAJAANKERAJAAN DI INDONESIA UNTUK KELAS V MI/SD

EVI OKTAVIA, NIM: 11480048 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATERI KERAJAANKERAJAAN DI INDONESIA UNTUK KELAS V MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATERI KERAJAANKERAJAAN DI INDONESIA UNTUK KELAS V MI/SD)
11480048_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATERI KERAJAANKERAJAAN DI INDONESIA UNTUK KELAS V MI/SD)
11480048_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Evi Oktavia, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Kerajaan-Kerajaan di Indonesia untuk Kelas V MI/SD”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan LKS IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif materi Kerajaan-Kerajaan di Indonesia untuk kelas V MI/SD, (2) mengetahui kelayakan LKS dengan Model Pembelajaran Kooperatif materi Kerajaan-Kerajaan di Indonesia untuk kelas V MI/SD Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Kerajaan-Kerajaan Di Indonesia untuk Siswa Kelas V MI/SD. Penelitian ini untuk mengetahui masukan dan penilaian dari para ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli media, peer reviewer, serta untuk mengetahui kelayakan LKS berdasarkan penilaian dari 2 guru MI/SD kelas V dan 10 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan LKS terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development and Production, Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian ini prosedur pengembangan hanya sampai tahap ADD (Analysis, Design, Development and Production). Instrumen penilaian yang yang digunakan untuk melihat kelayakan LKS ini yaitu menggunakan lembar angket. LKS ini dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer dan 2 guru kelas V dan direspon 10 siswa MI Al Ihsan Medari melalui ujicoba terbatas. Hasil penelitian adalah LKS IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Kerajaan-Kerajaan Di Indonesia untuk Siswa Kelas V MI/SD. Berdasarkan penilaian ahli materi kualitas LKS kategori “Sangat Baik” dengan skor penilaian 70, ahli media kualitas LKS kategori “Baik” dengan skor penilaian 36. Berdasarkan penilaian Peer Reviewer kualitas LKS kategori “Baik” dengan skor penilaian 104, dan penilaian dari guru Kelas Vkualitas LKS kategori “Baik” dengan skor penilaian 103. Sedangkan LKS direspon oleh siswa „Positif” dengan skor penilaian 13,3 sehingga LKS IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif ini layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif siswa kelas V MI/SD. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Penelitian Pengembangan, Model Pembelajaran Kooperatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Penelitian Pengembangan, Model Pembelajaran Kooperatif
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Mar 2016 08:33
Last Modified: 07 Mar 2016 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum