HUBUNGAN JENJANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MEMASUKKAN ANAK KE MADRASAH IBTIDAIYAH TAWING III MUNJUNGAN TRENGGALEK JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015

ROHMATUL MUZAYANAH, NIM. 11480066 (2015) HUBUNGAN JENJANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MEMASUKKAN ANAK KE MADRASAH IBTIDAIYAH TAWING III MUNJUNGAN TRENGGALEK JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN JENJANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MEMASUKKAN ANAK KE MADRASAH IBTIDAIYAH TAWING III MUNJUNGAN TRENGGALEK JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015)
11480066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN JENJANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MEMASUKKAN ANAK KE MADRASAH IBTIDAIYAH TAWING III MUNJUNGAN TRENGGALEK JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015)
11480066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Rohmatul Muzayanah. Hubungan Jenjang Pendidikan Orang Tua Terhadap Minat Memasukkan Anak ke Madarasah Ibtidaiyah Tawing III Munjungan Trenggalek Jawa Timur Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2015. Pendidikan adalah sarana anak untuk membangun jati dirinya. Dalam proses pendidikan, orang tua berpengaruh besar terhadap pilihan pendidikan bagi anak-anaknya. Keterlibatan orang tua dalam pemilihan pendidikan anak tercantum dalam UU No.20 tahun 2003, pasal 7 ayat 1 dan 2. Erat kaitannya dengan itu, jenjang pendidikan orang tua juga berhubungan pada minat orang tua dalam proses pemilihan sekolah bagi anak.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) seberapa besar tingkat pendidikan orang tua yang memasukkan anak ke Madrasah Ibtidaiyah Tawing III di Dusun Gunung Kembar? (2) seberapa besar minat orang tua yang memasukkan anak ke MI Tawing III di Dusun Gunung Kembar? (3) adakah hubungan antara jenjang pendidikan orang tua terhadap minat orang tua dalam memasukkan anak ke MI Tawing III di Dusun Gunung Kembar? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelas I MI Tawing III dan objek penelitian adalah minat orang tua dalam memasukkan anak ke MI Tawing III. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Tawing III tahun pelajaran 2014/2015. Jumlah populasi sebanyak 27 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis validitas instrumen dari 20 butir angket menunjukkan keseluruhan angket valid. Untuk analisis reliabilitas angket minat memasukkan anak ke MI Tawing III menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,978. Korelasi berada pada kategori sangat kuat dan rtabel (0,487) < rhitung (0,978). Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa angket tersebut reliabel. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan SPSS for window tipe 16.0. Hasil penelitian menunjukkan: 1) jenjang pendidikan orang tua siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Tawing III diperoleh prosentase pendidikan orang tua sebesar 7,408% tamat SD, 44,444% tamat SLTP, 40,740 tamat SLTA, dan 7,408% tamat PT. 2) Hasil angket minat orang tua sebesar 81,990% dan didukung dengan wawancara dari ketiga orang tua siswa kelas I MI Tawing III. Dari ketiga orang tua, semua menyebutkan bahwa memiliki minat yang tinggi untuk memasukkan anak ke Madrasah Ibtidaiyah Tawing III. 3) Terdapat hubungan yang positif antara jenjang pendidikan orang tua terhadap minat memasukkan anak ke Madrasah Ibtidaiyah Tawing III. Hal ini ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar (+) 0.626 yang artinya tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut sifatnya kuat. Kata Kunci: Jenjang Pendidikan, Minat, Orang Tua, Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Maemonah
Uncontrolled Keywords: Jenjang Pendidikan, Minat, Orang Tua, Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2016 07:50
Last Modified: 04 Mar 2016 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19664

Actions (login required)

View Item View Item