PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK KELAS V MI/SD SEMESTER II

ARIF YUSWANTO, NIM: 11481001 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK KELAS V MI/SD SEMESTER II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK KELAS V MI/SD SEMESTER II)
11481001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK KELAS V MI/SD SEMESTER II)
11481001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Arif Yuswanto. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Lectora Inspire Untuk Kelas V MI/SD Semester II”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prosedur pengembangan dan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran IPA berbasis Lectora Inspire untuk Kelas V MI/SD semester II dari beberapa para ahli, peer reviewer, guru wali kelas, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan Media Pembelajaran IPA ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (Pendefinisian), tahap Design (Perancangan), tahap Develop (Pengembangan), dan terakhir tahap Disseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kualitas produk media pembelajaran IPA Lectora Inspire adalah instrumen non tes berupa angket yang memiliki skala pengukuran. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert yang mencakup komponen penilaian yaitu komponen penyajian materi IPA, kurikulum, evaluasi belajar, keterlaksanaan, kebahasaan, kejelasan kalimat, penampilan audio, dan kualitas tampilan. Uji coba yang dilakukan di tiga sekolah atau madrasah merupakan uji validasi dimana peserta didik hanya memberikan penilaian atau respon pada media pembelajaran IPA dengan Lectora Inspire melalui angket dengan skala pengukuran yakni skala Guttman yang dibuat dalam bentuk check list. Data yang didapat merupakan data kualitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masingmasing kategori atau kriteria penilaian dan dipersentase sehingga diketahui kualitas media berdasarkan persentase keidealan penilaian tersebut. Hasil Penelitian media pembelajaran IPA berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli, peer reviewer, dan guru wali kelas V termasuk dalam kategori “SB”( Sangat Baik). Respon peserta didik terhadap media pembelajaran IPA dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori penilaian “Positif”. Persentase respon peserta didik yang merespon positif produk sebesar 100%, dan yang merespon negatif sebesar 0%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran IPA Berbasis Lectora Inspire Untuk Kelas V MI/SD Semester II yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran IPA. Kata Kunci: pengembangan, lectora inspire, media pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, lectora inspire, media pembelajaran IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Mar 2016 01:33
Last Modified: 07 Mar 2016 01:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19665

Actions (login required)

View Item View Item