PENGARUH PERGANTIAN CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2014

LAILATUL BADRIYAH, NIM. 11390021 (2016) PENGARUH PERGANTIAN CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERGANTIAN CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2014)
11390021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERGANTIAN CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2014)
11390021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tata kelola perusahaan yang baik merupakan suatu tonggak bagi perusahaan dalam menjalankan kepentingan perusahaan. Mulai dari perencanaan awal perusahaan sampai pada tahap pencapaian. Salah satu bagian terpenting dalam menjalankan perusahaan yaitu tim manajerial. Perusahaan harus memiliki tim manajer yang memiliki visi, misi, strategi pengembangan perusahaan yang matang dan dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh pergantian Chief Executive Officer (CEO) dan corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, prporsi dewan komisaris independen, dan kompetensi anggota komite audit terhadap kinerja perusahaan yang diukur menggunakan Return on Asset (ROA). Penelitian ini menggunakan data time series tahunan antara tahun 2012 sampai 2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 38 perusahaan dari 114 perusahaan. Proses pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pergantian Chief Executive Officer (CEO) berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Proporsi dewan komisaris independen dan kompetensi anggota komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. M. YAZID AFFANDI, S.Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pergantian Chief Executive Officer (CEO), Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Proporsi Dewan Komisaris Independen, Kompetensi Anggota Komite Audit, Return on Asset (ROA)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Mar 2016 10:28
Last Modified: 07 Mar 2016 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum