KEBIJAKAN PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM PENGANGKATAN KEPALA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA (KAPOLRI) TAHUN 2015 PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYYAH

AHMAD ZAINI NADIF, NIM. 11370047 (2016) KEBIJAKAN PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM PENGANGKATAN KEPALA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA (KAPOLRI) TAHUN 2015 PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM PENGANGKATAN KEPALA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA (KAPOLRI) TAHUN 2015 PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYYAH)
11370047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM PENGANGKATAN KEPALA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA (KAPOLRI) TAHUN 2015 PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYYAH)
11370047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)

Abstract

Pemilihan calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (KAPOLRI) di tahun 2015 ini yang menggantikan Kapolri sebelumnya yaitu Jenderal Sutarman sempat menuai hambatan, dan menimbulkan pro-kontra baik di kalangan pejabat-pejabat negara seperti Presiden, DPR, KPK, dan Polri sendiri dan juga di kalangan masyarakat baik itu LSM, organisasi, dan simpatisan-simpatisan dari masyarakat terhadap kasus yang menjerat calon tunggal Kapolri yaitu Komjen Budi Gunawan. Karna calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh presiden Joko Widodo ini mempunnyai rapor merah dari KPK. Merespon dari kegaduhan yang terjadi, Presiden Joko Widodo menepati janjinnya untuk segera mengambil keputusan untuk bisa meredam kegaduhan yang terjadi dengan mengeluarkan surat keputusan presiden No.25 tahun 2015, tentang pembatalan pelantikan dari calon Kapolri Komjen Budi Gunawan. Dari latar belakang yang dipaparkan di atas penyusun mengajukan pokok masalah yakni : bagaimana tinjauan siyasah dusturiyyah terhadap keputusan Presiden Joko Widodo dalam kasus pengangkatan KAPOLRI tahun 2015 (dilihat dari keppres No. 25/2015). Penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif yang mana penelitian yang dilakukan secara deduktif dimulai dari analisa terhadap pasal-pasal dalam peraturan perundangundangan yang mengatur terhadap permasalahan yang ada di atas. Sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian bahwa kebijakan politik yang diambil oleh Presiden Joko Widodo terhadap kasus pengangkatan Kapolri, menurut perspektif siyasah dusturiyyah sudah sesuai dengan yang tertera di dalam prinsip-prinsip siyasah dusturiyyah, yaitu meliputi kemaslahatan, keadilan, pemeliharaan dan keamanan, serta kejujuran. Di mana pasal tersebut sudah tercantum di dalam isi kebijakan politiknya Presiden Joko Widodo dengan mendahulukan kepentingan masyarakat dan mendengarkan aspirsi masyarakat lewat keputusan presiden yang beliau keluarkan terkait hal ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.OCKTOBERRINSYAH, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Presiden, Pengangkatan Kapolri, teori Siyasah Dusturiyyah
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Mar 2016 13:39
Last Modified: 07 Mar 2016 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum