KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS V SD JUARA YOGYAKARTA

DIDI ABDILLAH AHMAD, NIM. 11410070 (2016) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS V SD JUARA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS V SD JUARA YOGYAKARTA)
11410070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS V SD JUARA YOGYAKARTA)
11410070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)

Abstract

DIDI ABDILLAH AHMAD. Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelligences di Kelas V SD Juara Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan dengan sulitnya guru menentukan strategi baru ketika strategi awal yang telah direncanakannya tidak mendapatkan respon positif dari siswa. Kesulitan guru tersebut menyebabkan siswa tidak fokus untuk mengikuti pembelajaran. Kemudian masalah yang berkaitan tentang ketidakmampuan guru memaksimalkan waktu mengajarnya. Ketidakmampuan tersebut dapat dibuktikan dengan sering ditemukannya momen dimana materi pembelajaran belum sepenuhnya tersampaikan secara tuntas sampai akhir jam pembelajaran. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kreativitas guru, untuk mengetahui faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi kreativitas guru dan untuk mengetahui peran kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences di kelas V SD Juara Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar kelas V di SD Juara Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) mengumpulkan dokumentasi seperti RPP dan berbagai dokumen sekolah, (2) melakukan observasi sebagai bentuk tindak lanjut untuk memperoleh data yang lebih bervariasi, (3) melakukan wawancara untuk mengkonfirmasi dan mencocokkan berbagai data yang ada. Analisis data dilakukan dengan triangulasi melalui sumberya. Selanjutnya, data akan disajikan melalui hasil dari analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, bentuk-bentuk kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences dapat ditemukan dalam hal; (1) peningkatan kualitas materi yang menarik bagi siswa, (2) penerapan strategi/metode pembelajaran yang bervariasi, (3) pemanfaatan fasilitas penunjang pembelajaran dan (4) cara mengevaluasi guru yang harus menghargai berbagai kecerdasan siswa. Kedua, beberapa faktor penghambat kreativitas guru adalah kondisi ruang kelas yang bertempat di serambi masjid Al-Hidayah, naikturunnya semangat siswa, kesiapan guru dalam menerapkan multiple intelligences, serta kejadian tidak terduga seperti ketika guru harus menemani tamu dari dinas. Ketiga, peran kreativitas akan membantu guru dalam menciptakan berbagai product dan project yang menjadi indikator penilaian guru kreatif di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:33
Last Modified: 11 Mar 2016 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19752

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum