STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA KOMUNITAS BALAP LIAR DI DUSUN KEMBANG DESA NGLEGI GUNUNGKIDUL

ARIE SYAHFRUDIN, NIM. 11410102 (2016) STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA KOMUNITAS BALAP LIAR DI DUSUN KEMBANG DESA NGLEGI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA KOMUNITAS BALAP LIAR DI DUSUN KEMBANG DESA NGLEGI GUNUNGKIDUL)
11410102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA KOMUNITAS BALAP LIAR DI DUSUN KEMBANG DESA NGLEGI GUNUNGKIDUL)
11410102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (647kB)

Abstract

Arie Syahfrudin. Studi Korelasi Antara Pemahaman Agama Islam dengan Peri1aku Keagamaan Pada Komunitas Balap Liar di Dusun Kembang Desa Nglegi Gunungk:idul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015~ Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah pergaulan remaja yang bebas dan tidak ada batasnya lagi, banyak remaja melakukan hal-hal yang negatif yang merugikan bukan hanya dirinya tetapi juga bagi orang lain. Dusun Kembang terdapat sebuah komunitas yang menyukai balap liar, setiap harinya sering berkumpu1, melakukan aksi balap. Kemudian muncul pandangan terhadap orang yang menyukai balap liar seperti menganggap anak nakal, sampai pandangan yang memfonis mereka tidak paham agama dan mempunyai perilaku buruk. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman agama Islam pada komunitas balap liar di Dusun Kembang, serta mengetahui perilaku keagamaan pada komunitas tersebut, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adruah hubungan antara pemahaman agama Islam dengan perilaku keagamaan dalam komunitas balap liar di Dusun Kembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah komunitas balap liar di Dusun Kembang dengan populasi sejumlah 32 orang dan sampel sebanyak 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angk:et, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Angk:et yang digunakan adalah angk:et pemahaman agama Islam 25 butir, dan angk:et perilaku keagamaan 40 butir. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Dari hasil olah data maka dapat disimpulkan bahwa (1) hasil dari pemahaman agama Islam pada komunitas balap liar sebanyak 10 orang mendapatkan nilai 80 ke atas, 5 orang mendapat nilai dengan rentang 66- 79, 2 orang mendapat nilai dengan rentang 56-65, 1 orang mendapat nilai dengan rentang 46-55. (2) Sementarahasil perhitungan perilaku keagamaan pada komunitas balap liar menunjukkan skor maksimum yang didapatkan sebesar 140 dan skor minimum 108, dengan 9 orang mendapat nilai tinggi, 4 orang mendapat nilai sedang, dan 5 orang mendapat nilai rendah. (3) Sementara variabel pemahaman agama Islam dan perilaku keagamaan dapat diketahui bahwa kedua variabel terdapat hubungan positif antara pemahaman agama Islam dan perilaku keagamaan. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan korelasi product moment dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.804.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Agama Islam, Perilaku Keagamaan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 11 Mar 2016 06:40
Last Modified: 11 Mar 2016 06:40
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/19757

Actions (login required)

View Item View Item