PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII MTSN GONDOWULUNG SEWON BANTUL

FARIDA HANIFAH, NIM. 11410112 (2016) PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII MTSN GONDOWULUNG SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII MTSN GONDOWULUNG SEWON BANTUL)
11410112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII MTSN GONDOWULUNG SEWON BANTUL)
11410112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

Farida Hanifah. Penerapan Quantum Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTsN Gondowulung Sewon Bantul: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemikiran, bahwa dalam perkembangan dewasa ini pembelajaran tidak hanya dilakukan dengan metode konfensional saja, akan tetapi telah terjadi inovasi di dalamnya, dalam arti pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan metode Quantum Learning di MTsN Gondowulung Sewon Bantul. Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran tersebut, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan latar belakang digunakannya Quantum Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTsN Gondowulung Sewon Bantul beserta proses penerapannya, dan mendeskripsikan hasil yang diperolah dari penerapan Quantum Learning tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan subjek dan objek penelitian kualitatif, mengambil latar MTsN Gondowulung Sewon Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Analisis data kualitatif dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu lah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan Quantum Learning dalam pembelajaran SKI kelas VIII di MTsN Gondowulung dilatarbelakangi oleh dua hal, yaitu materi pelajaran SKI yang kompleks, yang mana materinya memiliki cakupan yang luas dengan uraian cukup panjang, dan motivasi serta minat belajar SKI siswa yang rendah, terlihat dari kurangnya perhatian yang siswa berikan terhadap guru saat pembelajaran SKI berlangsung. 2) Proses penerapan Quantum Learning pada mata pelajaran SKI siswa kelas VIII MTsN Gondowulung. Pembelajaran dilaksanakan dengan memahami kondisi lingkungan belajar siswa baik lingkungan fisik maupun psikis, serta gaya belajar siswa. Interaksi guru dan siswa terjalin secara optimal dimana komunikasi terjadi antar guru dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa. 3) Hasil dari penerapan Quantum Learning dalam pembelajaran SKI adalah materi dikemas dan disampaikan kepada siswa dengan cara yang lebih menarik sehingga terjadi peningkatan dalam bidang akademik siswa. Selain itu siswa menjadi senang berada di kelas, lebih aktif, kreatif, jujur, dan bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:44
Last Modified: 11 Mar 2016 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19760

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum