PENERAPAN POLA LATIHAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA TANAH AIR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

SETYO RINI, NIM. 11410173 (2016) PENERAPAN POLA LATIHAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA TANAH AIR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN POLA LATIHAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA TANAH AIR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
11410173_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN POLA LATIHAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA TANAH AIR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
11410173_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SETYO RINI. Penerapan Pola Latihan Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci dalam membina Karakter Disiplin dan Cinta Tanah Air Siswa SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini yaitu dengan adanya fenomena akhir-akhir in I yang memprihatinkan mengenai kedisiplinan dan kecintaan terhadap tanah air Indonesia pada para penerus bangsa. Di sisi lain, hamper semua pihak mengkalim bahwa tanggung jawab mengenai karakter siswa ada pada pihak sekolah. Pihak sekolah dengan berbagai upaya melakukan program-program untuk membentuk karakter siswa. SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta melakukannya dengan melalui ekstrakurikuler, salah satunya ekstrakurikuler Pencak SIlat Tapak Suci. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui poila latihan pencak silat Tapak Suci, untuk mengetahui bagaimana bagaimana proses pembiasaan disiplin siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci, untuk mengetahui pembiasaan karakter cinta tanah air siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak Silat Tapak Suci, dan untuk mengetahui dampak penerapan pola latihan pencak silat Tapak Suci terhadap siswa dengan mengambil latar di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Subyek penelitian antara lain guru SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta berjumlah 5 orang, kepala sekolah, pelatih ekstrakurikuler Tapak Suci dan peserta ekstrakurikuler tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrakurikuler Pencak SIlat Tapak Suci di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta memiliki dua pola dalam latihan yaitu pola prestasi dan pola kader. Masing-masing memiliki aspek yang terdapat dalam pencak silat. Masing-masing juga memiliki hal dalam setiap polanya, materi, tujuan, waktu, metode, dan evaluasi. Pembiasaan disiplin dilakukan dengan cara demokratis dan otoriter. Begitu pula untuk karakter cinta tanah air, pelatih membiasakan sikap-sikap dan latihan-latihan yang mengacu kepada rasa cinta tanah air pada diri siswa peserta ekstrakurikuler tersebut. Pembiasaan ini dilakukan karena pembiasaan dinilai lebih efektif dengan membiasakan siswa dalam sebuah keadaan disiplin dan cinta tanah air para pesertanya sehingga di lingkungan lainpun mereka akan terbiasa dengan sikap tersebut atau disebut metode live-in. dalam penerapannya, pola latihan yang diterapkan memberikan pengaruh atau dampak bagi karakter nilai kedisiplinan dan cinta tanah air para pesertanya. Anak-anak menjadi lebih disiplin baik di sekolah maupun di lingkungan yang lain. Anak-anak peserta ekstrakurikuler juga menunjukkan peningkatan pada sikap cinta tanah air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:52
Last Modified: 11 Mar 2016 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19767

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum