INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

ISNA KHAIRUN NISA, NIM. 11410192 (2016) INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
11410192_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
11410192_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Isna Khairun Nisa. Judul penelitian ini adalah Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya kasus mengenai kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Terutama mata pelajaran PAI yang selama ini diajarkan oleh guru kurang mendapat apresiasi dari para peserta didiknya. Alasan utamanya adalah tidak adanya variasi dalam mengajarkan materi-materi PAI, sehingga menyebabkan kemalasan, dan monoton di dalam benak peserta didiknya. Hal itu juga dialami pada proses pembelajaran PAI di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Sekolah tersebut kemudian mengeluarkan kebijakan untuk mengatasi persoalan tersebut, salah satunya dengan melakukan inovasi strategi pemmbelajaran. Upaya tersebut Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui inovasi strategi pembelajaran PAI di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta serta macam-macam inovasi strategi pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang spesifikasinya adalah field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini mengguakan pengolahan data deskriptif-analisis untuk mendapatkan gambaran tentang inovasi strategi pembelajaran PAI di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi strategi pembelajaran PAI yang dilakukan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta sangat efektif di dalam mengatasi permasalahan pembelajaran PAI. Inovasi strategi tersebut juga mendapatkan respon yang positif dari para pihak sekolah dan peserta didik. Dengan adanya inovasi strategi tersebut pembelajaran PAI dapat berjalan dengan menyenangkan dan menggairahkan minat pserta didik. Inovasi strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru SMP IT Abu Bakar Yogyakarta antara lain, video kritik, diskusi, mind map, outdoor, dan trial error. Aspek yang diinovasi dari strategi-strategi tersebut antara lain, aspek langkah, media, dan teknik dari strategi. Masing-masing dari lima strategi yang digunakan guru PAI di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta aspek langkah dan teknik yang banyak dilakukan inovasi. Sedangkan aspek media penekanan inovasinya pada penambahan-penambahan media pembelajaran yang baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M. Ag, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Strategi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SMP IT Abu Bakar Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:58
Last Modified: 11 Mar 2016 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum