INTERNALISASI KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL ASPEK KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI WONOKROMO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

FIINA HIDAYATUN AGUSTIN, NIM. 11410221 (2016) INTERNALISASI KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL ASPEK KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI WONOKROMO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL ASPEK KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI WONOKROMO TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11410221_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL ASPEK KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI WONOKROMO TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11410221_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FIINA HIDAYATUN AGUSTIN. Internalisasi Konsep Kecerdasan Emosional dan Spiritual Aspek Kejujuran dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Wonokromo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pelajaran yang harus dimasukkan dalam kurikulum pendidikan formal di Indonesia. Pendidikan agama tidak hanya mengajarkan ajaran agama, tetapi juga menekankan komitmen terhadap ajaran agama yang dipelajarinya. Sistem pendidikan selama ini yang terlalu menekankan pendidikan akademik atau kecerdasan intelektual saja, sehingga semakin menipisnya kejujuran dan tanggung jawab siswa. Untuk itulah internalisasi sangat diperlukan. Internalisasi nilai moral erat kaitannya dengan mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Wonokromo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan data dari dokumentasi RPP, kemudian melakukan observasi pembelajaran dan yang terakhir melakukan wawancara sebagai bentuk konfirmasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Analisis data diawali dengan mereduksi data-data yang telah dikumpulkan kemudian menyajikan data yang berupa analisis tentang interalisasi konsep kecerdasan emosional dan spiritual aspek kejujuran dan tanggung jawab melalui pembelajaran akidah akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Internalisasi aspek kejujuran dan tanggung jawab pada pembelajaran akidah akhlak dapat dilakukan dengan berbagai aspek, antara lain: pemahaman terhadap kejujuran dan tanggung jawab, keteladanan, pemberian nasihat dan dialog, pemberian penghargaan dan hukuman, bimbingan dan pengawasan, serta pembiasaan kegiatan siswa di sekolah. Dilihat dari aspek-aspek tersebut, dalam menginternalisasi nilai kejujuran dan tanggung jawab di kelas VII MTs Negeri Wonokromo Bantul dapat dikatakan efektif. (2) Hasil Internalisasi konsep kecerdasan emosional dan spiritual aspek kejujuran adalah jujur dalam niat, ucapan, dan tindakan dikatakan baik. Sedangkan untuk aspek tanggung jawab yang meliputi: kepercayaan, komitmen, tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap orang lain, dan tanggung jawab terhadap Tuhan menunjukkan bahwa hasil internalisasi dapat terinternalisasi dengan baik pula. (3) Faktor pendukung proses internalisasi aspek kejujuran dan tanggung jawab yaitu kesadaran diri dari peserta didik, motivasi diri peserta didik, dukungan dari guru, dukungan dari orang tua, pembiasaan yang dilakukan, dan lingkungan sekitar yang agamis. Sedangkan untuk faktor penghambat adalah perilaku atau sikap dari peserta didik dan pengaruh dari luar diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kejujuran, Tanggung Jawab dan Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 14:04
Last Modified: 11 Mar 2016 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum