IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING PADA KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN ISLAM SMP IT AR RAIHAN BANTUL

SITI YULIANA, NIM. 12410038 (2016) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING PADA KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN ISLAM SMP IT AR RAIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING PADA KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN ISLAM SMP IT AR RAIHAN BANTUL)
12410038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
12410038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SITI YULIANA. Implementasi Metode Problem Solving Pada Kegiatan Mentoring Keagamaan Islam SMP IT Ar Raihan Bantul. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015 Latar belakang masalah penelitian ini yaitu adanya masalah pada peserta didik yang masih berada pada masa pencarian jati diri. Masalah tersebut dapat berasal dari dalam dirinya sendiri ataupun masalah yang berhubungan dengan orang yang ada di sekitarnya. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan pada dirinya. Orang tua dan para guru dalam pendidikan Islam berfungsi dan berperan sebagai pembina, pembimbing pengembang, serta pengarah potensi yang dimiliki oleh anak agar mereka menjadi pengabdi Allah. Masalah dihadapi remaja cukup banyak. Problem tersebut ada yang dapat dipecahkannya sendiri, dan adakalanya tidak, maka mereka memerlukan bantuan para pendidik dan orang tua. Untuk itu perlu suatu kegiatan khusus pendampingan guna merespon dan menanggapi permasalahan tersebut. Kegiatan mentoring keagamaan Islam merupakan sarana untuk menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam, untuk memberikan solusi yang solutif terhadap masalah yang dihadapi peserta didik sesuai dengan ajaran Agama Islam. Yang menjadi permasalahan di sini yaitu pelaksanaan kegiatan mentoring dengan menggunakan metode problem solving, dan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan kegiatan mentoring keagamaan Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait pelaksanaan kegiatan mentoring yang didalamnya terdapat problem solving (pemecahan masalah), faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP IT Ar Raihan Bantul. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kegiatan mentoring keagamaan Islam mencakup pelaksanaan kegiatan mentoring, pemilihan mentor, materi yang disampaikan, dan permasalahan yang dibahas, metode-metode yang digunakan dalam problem solving, kriteria-kriteria mentor dan gambaran keberhasilan kegiatan mentoring Keagamaan Islam di SMP IT Ar Raihan Bantul. (2) Faktor pendukung : lingkungan sekolah yang kondusif, mentor yang komunikatif, antusiasme peserta, komunikasi yang baik dari berbagai unsur, kemampuan dan kepandaian mentor dalam menanggapi dan merespon permasalahan ataupun kesulitan yang dimiliki peserta, serta adanya komunikasi yang efektif terhadap perkembangan perilaku siswa. Faktor penghambat : administrasi, kehadiran mentor, keberagaman pada peserta didik, kondisi fisik, dan psikis perserta saat kegiatan mentoring, sarana prasarana berupa tempat, dan belum seimbang antara mentor dengan peserta pada mentoring putra yang berkisar antara 1 : 16 orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 14:13
Last Modified: 11 Mar 2016 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum