UPAYA PSIKODIAGNOSTIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MATHAYOM TON (SETINGKAT SMP) PADA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SOMBOONSARD SCHOOL, NATHAWEE, SONGKHLA, THAILAND

GALUH CANDRA PUSPITA SARI, NIM. 12410127 (2016) UPAYA PSIKODIAGNOSTIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MATHAYOM TON (SETINGKAT SMP) PADA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SOMBOONSARD SCHOOL, NATHAWEE, SONGKHLA, THAILAND. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PSIKODIAGNOSTIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MATHAYOM TON (SETINGKAT SMP) PADA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SOMBOONSARD SCHOOL, NATHAWEE, SONGKHLA, THAILAND)
12410127_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PSIKODIAGNOSTIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MATHAYOM TON (SETINGKAT SMP) PADA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SOMBOONSARD SCHOOL, NATHAWEE, SONGKHLA, THAILAND)
12410127_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Galuh Candra Puspita Sari. Upaya Psikodiagnostik dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Mathayom Ton (Setingkat SMP) pada Bidang Pendidikan Agama Islam di Somboonsard School, Nathawee, Songkhla, Thailand. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah mencari tahu kesulitan belajar yang dimiliki oleh siswa-siswa Somboonsard School yang ada di amphe Nathawee, changwat Songkhla, Thailand, dimana menurut letak geografis, mereka berada dalam kawasan minoritas muslim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Penelitian ini mengambil latar Somboonsard School, Songkhla, Thailand. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dimiliki siswa meliputi kesulitan dalam bidang bahasa, yaitu kesulitan dalam membaca dan menulis bahasa Thai, Melayu, dan Arab. Selain itu ada juga kesulitan dalam bidang pelajaran agama, yaitu kesulitan dalam membaca Al-Qur‟an, kesulitan dalam memusatkan perhatian pada penjelasan guru, kesulitan memahami penjelasan guru dalam bidang PAI, dan kesulitan menghafal. Lalu ditemukan juga jenis kesulitan belajar lainnya seperti disleksia, slow learner, dan gangguan emosional dan perilaku (2) Upaya psikodiagnostik dalam mengatasi kesulitan belajar meliputi upaya kuratif, yaitu pemberian bimbingan baca-tulis, pemberian bimbingan baca Al-Qur‟an, pemberian bimbingan belajar tambahan, tutor sebaya, pemberian tugas tambahan, layanan konseling individual yang intensif, dan program bimbingan khusus dari psikolog, serta upaya preventif, yaitu dengan membangun kerjasama dengan pihakpihak yang dapat mendukung untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Pihak-pihak tersebut antara lain: wali kelas, guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, wali murid, dan kepala sekolah. (3) Faktor pendukungnya antara lain: kerjasama antar guru, izin atau lisensi dari kepala sekolah, keterbukaan siswa, dan sarana, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan tenaga guru bimbingan dan konseling, masih terdapat siswa yang memberikan respon yang rendah terhadap guru, kurangnya sarana dan prasarana yang menghambat dalam pelaksanaan pengembangan pembelajaran siswa, kurangnya kerjasama dari orangtua siswa, serta kurangnya keterlibatan tenaga psikologi professional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Psikodiagnostik, Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 14:19
Last Modified: 11 Mar 2016 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum