IDENTIFIKASI AKUIFER DENGAN METODE GEOLISTRIK SCHLUMBERGER DI KECAMATAN JETIS, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SUMIATI, NIM. 11620012 (2016) IDENTIFIKASI AKUIFER DENGAN METODE GEOLISTRIK SCHLUMBERGER DI KECAMATAN JETIS, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI AKUIFER DENGAN METODE GEOLISTRIK SCHLUMBERGER DI KECAMATAN JETIS, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11620012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI AKUIFER DENGAN METODE GEOLISTRIK SCHLUMBERGER DI KECAMATAN JETIS, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11620012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peran penting air bagi keberlangsungan hidup setiap mahluk hidup merupakan suatu aset yang harus tetap dijaga keberadaannya. Dalam suatu kegiatan eksplorasi air tanah pada dasarnya perlu dilakukan upaya penyelidikan sebagai langkah awal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menyelidiki nilai resistivitas bawah permukaan tanah, hidrostratigrafi, dan mencari daerah yang berpotensi menyimpan air tanah berdasarkan nilai resistivitas lapisan batuan. Data hasil pengukuran geolistrik schlumberger di olah dengan software progress v3.0 dan pemodelan 2D serta 3D dengan software Rockwork15, sebelum proses input data pada software progress v3.0 dilakukan perhitungan terlebih dahulu secara matematis pada Microsoft excel. Hasil interpretasi di enam titik pengukuran dicocokkan dengan peta geologi Kabupaten Bantul menunjukan bahwa pada daerah penelitian dapat dijumpai dua sistem lapisan akuifer, yakni unconfined aquifer mempunyai nilai resistivitas 7.78 Ωm – 41.84 Ωm dengan lapisan penyusun berupa pasir, terlatak pada kedalaman 0.84 – 12.02 meter dan lapisan confined aquifer mempunyai nilai resistivitas 5.27 Ωm – 25.19 Ωm dengan lapisan penyusun material berupa batu pasir, dijumpai pada kedalaman 38.79 meter. Daerah potensi akuifer dijumpai pada titik pengukuran pertama yakni di Kelurahan Trimulyo dengan ketebalan lapisan 9.66 meter untuk jenis unconfined aquifer, sementara jenis confined aquifer tidak terdeteksi ketebalan lapisannya. Kata kunci : Akuifer, Geolistrik, Resistivitas, Schlumberger

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nugroho Budi wibowo, M.Si
Uncontrolled Keywords: Akuifer, Geolistrik, Resistivitas, Schlumberger
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Mar 2016 10:00
Last Modified: 14 Mar 2016 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum