KONSEP KEMANDIRIAN H. BUKHORI AL ZAHROWI DAN IMPLEMENTASINYA DI PONDOK PESANTREN ENTERPRENEUR AD-DHUHA STUDI DI DUSUN BUNGSING, DESA GUWASARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA

AINUN KARIMAH, NIM. 11720038 (2015) KONSEP KEMANDIRIAN H. BUKHORI AL ZAHROWI DAN IMPLEMENTASINYA DI PONDOK PESANTREN ENTERPRENEUR AD-DHUHA STUDI DI DUSUN BUNGSING, DESA GUWASARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KEMANDIRIAN H. BUKHORI AL ZAHROWI DAN IMPLEMENTASINYA DI PONDOK PESANTREN ENTERPRENEUR AD-DHUHA STUDI DI DUSUN BUNGSING, DESA GUWASARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)
11720038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KEMANDIRIAN H. BUKHORI AL ZAHROWI DAN IMPLEMENTASINYA DI PONDOK PESANTREN ENTERPRENEUR AD-DHUHA STUDI DI DUSUN BUNGSING, DESA GUWASARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)
11720038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini memaparkan tentang Konsep Kemandirian H. Bukhori Al Zahrowi dan Implementasinya di Pondok Pesantren Enterpreneur Ad-Dhuha. Ada dua rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini, yaitu pertama, bagaimana konsep kemandirian H. Bukhori Al Zahrowi. Kedua, Bagaimana implementasinya di Pondok Pesantren Enterpreneur Ad-Dhuha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana peneliti terjun langsung di lapangan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam (deep interview), dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Enterpreneur Ad-Dhuha di Dusun Bungsing, Desa Guwasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dua teori, pertama, teori etos kerja dari Max Weber dalam tesisnya “etika protestan” dan “semangat kapitalisme”. Kedua, teori dari Peter L Berger yaitu dua momentum “Langit Suci” yang terdalamnya terdapat Internalisasi dan Eksternalisasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Enterpreneur Ad-Dhuha telah menerapkan Konsep Kemandirian dari H. Bukhori Al Zahrowi. Konsep kemandirian tersebut merupakan penetrasi nilai-nilai agama yang yang dianut H. Bukhori Al Zahrowi sebagai pengusaha kemudian memunculkan pribadi pengusaha yang islami (sesuai dengan kaidah-kaidah islam) dan menerapkannya pada santri-santri di Pondok Pesantren Enterpreneur Ad-Dhuha. Bentuk Konsep Kemandirian ini adalah Materi Agama, Mujahadah, materi kewirausahaan yang terbagi menjadi dua bagian yaitu teknik dasar kewirausahaan beserta prakteknya dan materi Al-Qur’an dan Hadits Kewirausahaan (yaitu isi kandungan Al-Qur’an dan Al- hadits yang mempunyai hubungan erat dengan perekonomian). Selain itu, terdapat implementasi nilai-nilai islami dari H. Bukhori Al Zahrowi, yang menunjukkan sikap kejujuran, disiplin terhadap waktu, keinginan untuk mandiri, target yang jelas (berorientasi ke masa depan), memiliki semangat perubahan (memiliki cita-cita), memaknai hidup dan memiliki jiwa wiraswasta. Sikap-sikap tersebut tercermin dalam perilaku dalam basic berwirausaha maupun perilaku sehari-hari para santri. Selain itu, proses internalisasi yang ada dalam diri H. Bukhori adalah ajaran agama berupa sabda Rasulullah “berkerjalah untuk duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya dan beribadahlah kamu seakan-akan kamu mati besok”. Nilai dari hadits tersebut begitu dimaknai H. Bukhori dalam dirinya sebagai seorang muslim. Nilai dari internalisasi di atas, kemudian di-eksternalisasi-kan H. Bukhori kepada santri Ponpes Enterpreneur Ad-Dhuha, yaitu diadakannya latihan kewirausahaan untuk menunjang skill para santri untuk berkerja setelah mereka lulus dari pondok nantinya. Serta penerapan beribadah kepada para santri, terutama menegakkan sholat berjamaah. Hal tersebut dilakukan, karena menurut H. Bukhori, para santri harus bisa menyeimbangkan antara kepentingan urusan dunia dan kepentingan akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dadi Nurhaidi, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Impelemntasi, Pondok Pesantren
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Mar 2016 03:31
Last Modified: 14 Mar 2016 03:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19792

Actions (login required)

View Item View Item