PENDIDIKAN TAUHID MELALUI METODE BERPIKIR RASIONAL-ARGUMENTATIF (TELAAH BUKU “BEYOND THE INSPIRATION” KARYA FELIX Y. SIAUW)

FITRIYANI RISMAWATI, NIM. 12410269 (2016) PENDIDIKAN TAUHID MELALUI METODE BERPIKIR RASIONAL-ARGUMENTATIF (TELAAH BUKU “BEYOND THE INSPIRATION” KARYA FELIX Y. SIAUW). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN TAUHID MELALUI METODE BERPIKIR RASIONAL-ARGUMENTATIF (TELAAH BUKU “BEYOND THE INSPIRATION” KARYA FELIX Y. SIAUW))
12410269_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN TAUHID MELALUI METODE BERPIKIR RASIONAL-ARGUMENTATIF (TELAAH BUKU “BEYOND THE INSPIRATION” KARYA FELIX Y. SIAUW))
12410269_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FITRIYANI RISMAWATI. Pendidikan Tauhid Melalui Metode Berpikir Rasional Argumentatif (Telaah Buku “Beyond The Inspiration” Karya Felix Y. Siauw). Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Allah menyuruh hamba-Nya berpikir untuk beriman kepada-Nya melalui ayat kauniyah dan qauliyah-Nya. Namun kenyataannya, selama ini mayoritas umat muslim hanya menerima doktrin tanpa dituntun untuk berpikir. Akibatnya, banyak umat muslim yang mengalami krisis identitas dalam keislamannya. Felix Siauw sebagai seorang muallaf yang mendapatkan keislaman melalui proses berpikir, membagikan konsep metode berpikir rasional argumentatif dalam menuntun muslim untuk meningkatkan keimanan kepada Allah. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan tauhid melalui metode berpikir rasional argumentatif menurut Felix Y, Siauw dan bagaimana relevansinya dalam pembelajaran tauhid. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep metode berpikir rasional argumentatif dalam pendidikan tauhid serta relevansinya dalam pembelajaran tauhid. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh pendidik dan masyarakat umum dalam membina serta menumbuhkan keimanan kepada Allah Swt. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Jenis pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan filosofis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi isi buku, kemudian dianalisis dan dikonfirmasikan dengan data yang ada, lalu menyusun klasifikasi sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode berpikir rasional argumentatif yang disampaikan Felix Y. Siauw merupakan cara menemukan serta menumbuhkan keimanan melalui proses berpikir berdasarkan bukti yang dapat diterima akal (rasio) dengan memikirkan ciptaan Allah yang dapat dibuktikan secara ilmiah dan agama. Proses berpikir dengan metode ini adalah mencari jawaban dari pertanyaan dasar dan terus bertanya hingga yakin akan keberadaan eksistensi Allah dan memiliki kesadaran dalam menyembah Allah. Metode ini juga menyentuh seluruh komponen dalam pendidikan tauhid yaitu tujuan, materi, metode, pendekatan, media dan evaluasi. Selain itu, berkontribusi dalam Pendidikan Agama Islam yaitu pendekatan scientific dalam kurikulum 2013, sehingga relevan dengan pendidikan saat ini, khususnya bila diterapkan untuk tingkat SMP dan SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, S. Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tauhid, Rasional Argumentatif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Mar 2016 11:41
Last Modified: 14 Mar 2016 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19802

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum