PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH DI PERUM GUMUK INDAH, KALURAHAN SIDOARUM, KECAMATAN GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

ALIFIANO ARIF MUHAMMAD, NIM. 1320010008 (2015) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH DI PERUM GUMUK INDAH, KALURAHAN SIDOARUM, KECAMATAN GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH DI PERUM GUMUK INDAH, KALURAHAN SIDOARUM, KECAMATAN GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
1320010008_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH DI PERUM GUMUK INDAH, KALURAHAN SIDOARUM, KECAMATAN GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
1320010008_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (790kB)

Abstract

Suatu persoalan yang terjadi setiap individu atau kelompok tidak akan terlepas dari aspek lingkungan, karena lingkungan memiliki aspek yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu persoalan lingkungan yang sampai saat ini belum terselesaikan yakni persoalan sampah, karena yang namanya sampah pada umumnya segala sesuatu yang langsung dibuang atau tidak ada manfaatnya sama sekali. Perlu adanya peran dari semua pihak dalam mengatasi persoalan sampah, sehingga kapasitas tempat pembuangan akhir (TPA) bisa berkurang. Adanya Bank Sampah baik yang sudah diterapkan di beberapa daerah di Yogyakarta dan sekitarnya maupun program pemerintah diharapkan bisa mengambil nilai positif dari sampah. Hal ini yang dilakukan oleh warga Perum Gumuk Indah, Kalurahan Sidoarum, Kecamatan Godean, Sleman, Yogyakarta. Adanya inisiatif dari para ibu rumah tangga dan para warga turut berperan serta dalam pengelolaan sampah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain : pertama, bagaimana konsep pemberdayaan masyarakat melalui program Bank Sampah di Kalurahan Sidoarum, Kecamatan Godean, Sleman, Yogyakarta. Kedua, bagaimana implementasi pemberdayaan yang dilakukan masyarakat Perum Gumuk Indah, Kalurahan Sidoarum, Kecamatan Godean, Sleman, Yogyakarta terkait program Bank Sampah. Ketiga, bagaimana hasil yang diperoleh dari program Bank Sampah yang dilakukan oleh masyarakat Perum Gumuk Indah, Kalurahan Sidoarum, Kecamatan Godean, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Penelitian bersifat deskriptif berupa perkataan dari seseorang baik yang tertulis maupun diucapkan seseorang, metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi dalam mengumpulkan data di Perum Gumuk Indah. Subyek dari penelitian ini adalah tokoh masyarakat, beberapa pengurus Bank Sampah ‘Griya Sapu Lidi’ dan beberapa warga Perum Gumuk Indah. Hasil penelitian pemberdayaan yang bisa dilakukan oleh warga Perum Gumuk Indah melalui Bank Sampah, antara lain : Konsep pemberdayaan yakni memberikan program pengetahuan untuk memberikan pengetahuan terhadap persoalan sampah agar menjadi sesuatu yang bernilai dan memberikan program pelatihan dengan sisa hasil sampah bisa didaur ulang menjadi barang kerajinan. Implementasi pemberdayaan yakni membangun kesadaran masyarakat bertujuan menyadarkan masyarakat untuk mengelola sampah dan pemberdayaan ekonomi produktif dengan hasil daur ulang sampah bisa dijadikan bahan kerajinan yang bisa dijual kembali. Hasil pemberdayaan yakni : pertama, warga peduli mengelola lingkungan yang berarti dengan mengelola sampah masyarakat bisa peduli dalam menjaga lingkungan. Kedua, dampak Bank Sampah yang terdiri dari dampak ekologis, dampak ekonomi dan dampak sosial. Ketiga, munculnya perspektif baru bagi masyarakat terhadap Bank Sampah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Harini M. Si.
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat dan Bank Sampah
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Mar 2016 13:56
Last Modified: 14 Mar 2016 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum