PENGARUH ATURAN-ATURAN PONDOK PESANTREN TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI NONKEAGAMAAN DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL FITHRAH SURABAYA

BAMBANG PRAKOSO, NIM. 1320011010 (2015) PENGARUH ATURAN-ATURAN PONDOK PESANTREN TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI NONKEAGAMAAN DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL FITHRAH SURABAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ATURAN-ATURAN PONDOK PESANTREN TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI NONKEAGAMAAN DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL FITHRAH SURABAYA)
1320011010_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ATURAN-ATURAN PONDOK PESANTREN TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI NONKEAGAMAAN DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL FITHRAH SURABAYA)
1320011010_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Semua orang membutuhkan informasi dari berbagai macam bidang dalam kehidupannya, tidak terkecuali juga santri yang memerlukan informasi non-keagamaan di lingkungan pesantren tempat tinggalnya. Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan informasi terkait kesehatan, informasi terkait kesenangan, informasi terkait tugas sekolah dan informasi terkait pengembangan diri. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan hubungan aturan-aturan pondok pesantren terhadap perilaku pencarian informasi dan pengaruh aturan-aturan pondok pesantren dalam pencarian informasi nonkeagamaan yang dilakukan oleh santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode survey. Responden penelitian ini berjumlah 59 santri yang menempuh jenjang pendidikan Sekolah Madrasah Aliyah atau setara (SMA). Sampel diambil mulai kelas X, XI dan XII santri putra dan putri. dengan teknik “stratified random sampling” dan instrument menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) aturan-aturan pondok pesantren memiliki nilai rata-rata 13,9 sehingga masuk dalam kategori setuju; (2) perilaku pencarian informasi non-keagamaan memiliki nilai rata-rata 15,1 sehingga masuk dalam kategori baik; (3) Hubungan antara Aturan-aturan Pondok Pesantren dengan variabel Perilaku Pencarian Informasi Non Keagamaan dengan nilai pearson correlation sebesar 0,931 yang mendekati nilai 1. Maka hubungan antara kedua variabel bisa dikatakan mempunyai hubungan yang erat selain itu nilai koefisensi positif 1.362 dengan nilai signifikansi 0.000 dan konstanta sebesar 0.867 hasil ini menunjukan bahwa aturan-aturan pondok pesantren mempunyai pengaruh dan peran dalam pencarian informasi non-keagamaan; (4) dalam uji t diketahui hasil dari Uji F, dengan taraf signifikansi F kurang dari 0,05, maka dapat dikatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara nilai-nlai pondok pesantren dengan perilaku pencarian informasi di Pondok Pesantren Al-Fithrah Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aturan-aturan pondok pesantren, Perilaku pencarian informasi.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Mar 2016 14:13
Last Modified: 16 Mar 2016 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19813

Actions (login required)

View Item View Item