IMPLEMENTASI AYAT AL-QUR’AN DAN HADIS MENUTUP AURAT DALAM TRADISI PEMAKAIAN RIMPU (STUDI LIVING QUR’AN-HADIS DI DESA NGALI, KEC. BELO, KAB. BIMA-NTB)

NURUL KARIMATIL ULYA, NIM. 12530029 (2016) IMPLEMENTASI AYAT AL-QUR’AN DAN HADIS MENUTUP AURAT DALAM TRADISI PEMAKAIAN RIMPU (STUDI LIVING QUR’AN-HADIS DI DESA NGALI, KEC. BELO, KAB. BIMA-NTB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI AYAT AL-QUR’AN DAN HADIS MENUTUP AURAT DALAM TRADISI PEMAKAIAN RIMPU (STUDI LIVING QUR’AN-HADIS DI DESA NGALI, KEC. BELO, KAB. BIMA-NTB))
12530029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI AYAT AL-QUR’AN DAN HADIS MENUTUP AURAT DALAM TRADISI PEMAKAIAN RIMPU (STUDI LIVING QUR’AN-HADIS DI DESA NGALI, KEC. BELO, KAB. BIMA-NTB))
12530029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang tradisi pemakaian Rimpu yang menunjukkan pemahaman masyarakat atau kelompok tertentu terhadap ayat Al- Qur’an dan Hadis menutup aurat. Dalam hal ini objek penelitian difokuskan di Desa Ngali, Kec. Belo, Kab. Bima, Prov. Nusa Tenggara Barat (NTB). Secara umum, penelitian ini meneliti tentang bagaimana praktik menutup aurat dengan Rimpu serta bagaimana pemahaman dan pemaknaan tradisi pemakaian Rimpu oleh masyarakat Desa Ngali sebagai implementasi perintah menutup aurat dalam Al-Qur’an dan Hadis. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif-analitik kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan observasi partisipan dan non-partisipan. Selain itu, penulis juga menggunakan teori “Sociology of Knowledge” oleh Karl Mannheim untuk menelaah dan menganalisa makna tradisi Rimpu yang berkembang di masyarakat Desa Ngali. Makna tersebut meliputi makna obyektif, ekspresif, dan dokumenter. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, tradisi pemakaian Rimpu yang berkembang di masyarakat Bima merupakan tradisi yang bercirikan dan diadaptasi dari syari’at Islam; Kedua, terdapat korelasi antara konsep pakaian penutup aurat dalam Al-Qur’an dan Hadis dengan tradisi Rimpu. Hal ini dapat dilihat dari QS. An-Nu>r [24]: 31 dengan konsep khima>r, QS. Al-Ah}za>b [33]: 53 dan 59 dengan konsep jala>bi>b dan hija>b, dan lain-lain. Sedangkan dalam Hadis Nabi, perintah menutup aurat juga dipertegas dalam HR. Bukhari no. 313, HR. Malik no. 295, dll.; Ketiga, Rimpu dipahami sebagai bentuk ketaatan sebagai seorang hamba Allah dan ketaatan sebagai anggota masyarakat Mbojo yang menghendaki agar nilai-nilai keislaman melingkupi seluruh aspek kehidupan. Pemakaian Rimpu dalam aplikasinya dilakukan oleh kaum perempuan Mbojo sebagai pakaian penutup aurat dengan menggunakan Tembe Nggoli (Sarung Tenun khas Bima). Rimpu terbagi menjadi dua, yaitu Rimpu Mpida yang diperuntukkan bagi gadis, dan Rimpu Tada untuk perempuan yang telah menikah. Selanjutnya, maknamakna diambil berdasarkan informasi dan pernyataan dari Lebe/ulama, budayawan serta pemakai Rimpu itu sendiri yang dikategorikan menjadi tiga macam, yaitu makna objektif meliputi elemen penting yang harus ada dalam tradisi Rimpu yaitu nilai etika berbusana yang Islami dan tata cara pemakaian Rimpu yang disepakati oleh masyarakat. Makna ekspresif (motif) personal yang didapat adalah beragam. Ada yang beralasan sebagai implementasi perintah menutup aurat dalam Al-Qur’an dan Hadis, sebagai alat untuk melindungi kehormatan perempuan, sebagai bentuk pelestarian budaya etnis Mbojo, serta sebagai pakaian ekonomis dan praktis. Sedangkan makna dokumenter menjelaskan tentang perkembangan dan pelestarian tradisi pemakaian Rimpu karena pengaruh dan peranan pemerintah (Kesultanan Bima), Lebe, dan seluruh anggota masyarakat dari masa ke masa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ahmad Rafiq, S.Ag., M.Ag.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Mar 2016 01:38
Last Modified: 17 Mar 2016 01:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19830

Actions (login required)

View Item View Item