SIMBOLISASI WARNA DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK)

HAMDAN HIDAYAT, NIM. 12530083 (2016) SIMBOLISASI WARNA DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SIMBOLISASI WARNA DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK))
12530083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SIMBOLISASI WARNA DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK))
12530083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)

Abstract

HAMDAN HIDAYAT. Simbolisasi Warna Dalam Al-Qur‟an tahun ajaran 2015/2016.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maksud dantujuan dari simbolisasi warna dalam al-Qur‟an, karena dalam al-Qur‟an banyak terdapat ayat yang tersebar dalam beberapa surat yang menyatakan beberapa warna yaitu; merah, kuning, hijau, biru, hitam, danputih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan cara berpikir tekstual yang ada dalam al-Qur‟an dan kitab tafsir. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan tematik/library research, yaitu pendekatan yang menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian yang dilakukan dengan cara mencari penjelasan yang ada di buku-buku dan kitab tafsir, serta lebih menekankan pada deskripsi secara tekstual. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode library research atau kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam al-Qur‟an terdapat sebanyak 6 warna yang terdapat dalam 33 ayat yang tersebar dalam 22 surat. (2) warna-warna tersebut diantaranya: merah, kuning, hijau, biru, hitam, dan putih. (3) ayat yang menyebutkan warna dalam al-Qur‟an secara umum menitik beratkan pada sesuatu yang menggambarkan pada sebuah objek tertentu. (4) pemberian symbol dengan menggunakan warna menggambarkan sebuah bukti adanya kemahakuasaan Allah swt atas makhluk-Nya. Dari segi objeknya (a) simbolisasi dengan warna merah ditujukan pada gunung. (b) simbolisasi dengan menggunakan warna hijau ditujukan pada tumbuh-tumbuhan, tanaman, keindahan alam, penggambaran keadaan di surga dan dunia, (c) simbolisasi dengan menggunakan warna kuning di tujukan pada hewan (sapi), tumbuh-tumbuhan. (d) simbolisasi dengan menggunakan warna biru di tujukan pada keadaan manusia ketika hari kiamat. (e) simbolisasi dengan menggunakan warna hitam di tujukan ketika keadaan hari kiamat, dan keadaan di neraka. (f) simbolisasi menggunakan warna putih di tujukan pada kemukjizatan pada Nabi Musa. Dari segi maknanya (a) simbolisasi dengan warna merah ditujukan pada gunung yaitu terdapat unsurunsur yang mempengaruhi sehingga muncul warna merah. (b) simbolisasi dengan menggunakan warna hijau ditujukan pada tumbuh-tumbuhan, tanaman, keindahan alam, yaitu terdapat unsur dzat hijau daun (kloroplas). (c) simbolisasi dengan menggunakan warna kuning di tujukan pada hewan (sapi), yaitu dilihat dari segi umur antara muda dan tuanya sapi tersebut. (d) simbolisasi dengan menggunakan warna biru di tujukan pada keadaan manusia ketika hari kiamat, yaitu sebagai balasan bagi orang yang berbuat dosa. (e) simbolisasi dengan menggunakan warna hitam di tujukan ketika keadaan hari kiamat, dan keadaan di neraka, maksudnya yaitu penggambaran untuk orang yang berdusta dan menyombongkan diri. (f) simbolisasi menggunakan warna putih di tujukan pada kemukjizatan pada Nabi Musa, maksudnya yaitu membuktikan kepada Firaun supaya beriman kepada Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Agung Danarta M.Ag
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2016 10:00
Last Modified: 17 Mar 2016 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum