PENGGUNAAN HADIS UNTUK MEMAHAMI AYAT-AYAT AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB AL-ḤĀLAL WA AL-ḤARĀM FĪ AL-ISLĀM KARYA YŪSUF AL-QARAḌĀWĪ)

LIA KHIQMATUL MAULA, NIM. 12530115 (2016) PENGGUNAAN HADIS UNTUK MEMAHAMI AYAT-AYAT AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB AL-ḤĀLAL WA AL-ḤARĀM FĪ AL-ISLĀM KARYA YŪSUF AL-QARAḌĀWĪ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN HADIS UNTUK MEMAHAMI AYAT-AYAT AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB AL-ḤĀLAL WA AL-ḤARĀM FĪ AL-ISLĀM KARYA YŪSUF AL-QARAḌĀWĪ))
12530115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN HADIS UNTUK MEMAHAMI AYAT-AYAT AL-QUR’AN (TELAAH ATAS KITAB AL-ḤĀLAL WA AL-ḤARĀM FĪ AL-ISLĀM KARYA YŪSUF AL-QARAḌĀWĪ))
12530115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an dan hadis, keduanya tidak dapat dipisahkan dalam kajian ajaran Islam. Tujuan utama mengetahui ayat-ayat al-Qur’an dan hadis salah satunya adalah penentuan hukum dalam Islam yang dibahas dalam kajian fikih. Pembahasan dalam fikih sendiri harus menggunakan kolaborasi pemahaman antara al-Qur’an dan hadis disamping juga pendapat ulama-ulama terdahulu yang lebih mumpuni dalam hal fiqih. Dalam kitab al-H{ala>l wa al-H{ara>m fi> al-Isla>m karya Yu>suf al-Qarad}a>wi, merupakan kitab fikih yang dalam penjelasannya menggunakan penentuan hukum dasar ayat-ayat al-Qur’an yang ditafsirkan dengan menggunakan hadis-hadis dari Nabi. Oleh karena itu, penting bagi peneliti untuk meneliti kedudukan atau fungsi hadis dalam kitab fikih tersebut yang dalam pembahasannya dengan cara mengutip aya-ayat al-Qur’an kemudian dijelaskan dengan menggunakan hadis-hadis yang dapat memperjelas dari kemujmalan al-Qur’an tersebut sehingga dapat menghasilkan gambaran hukum Islam. Rumusan masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kedudukan dan fungsi hadis dalam menafsirkan al-Qur’an menurut Yusuf al-Qaraḍāwī dalam kitab al-Hālal wa al-Harām fī al-Islām? (2) Bagaimana kontribusi dan relevansi pemikiran terhadap kedudukan atau fungsi hadis dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an dalam kitab al-Hālal wa al-Harām fī al-Islām?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) dan untuk menjawab dari rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan metode diskriptis-analitis dengan mengumpulkan data-data dari beberapa literatur yang terkait dengan tema kemudian dapat diambil analisis kesimpulan. Melalui kajian yang telah dilakukan dapat dihasilkan beberapa poin-poin penting seperti pertama, kedudukan atau fungsi hadis di dalam kitab al-H{ala>l wa al- H{ara>m fi> al-Isla>m adalah sebagai penguat penjelasan dari al-Qur’an dan memberikan kejelasan yang rinci terhadap kemujmalan ayat-ayat al-Qur’an. Kedua, dengan adanya hadis-hadis yang digunakan untuk menafsirkan al-Qur’an dimaksudkan untuk mengetahui hukum secara rinci yang masih tersingkap di dalam ayat-ayat al-Qur’an. Penafsiran al-Qur’an yang dilakukan oleh Yu>suf al- Qarad}a>wi> menggunakan hadis, dapat menghasilkan kesimpulan menjawab permasalahan fikih yang sesuai denga era sekarang ini dan memberikan solusi yang komprehensif, seimbang dan memudahkan, sehingga dapat dipahami oleh banyak orang (khususnya umat Islam dan umumnya untuk semua orang). Hal tersebut, tidak terlepas dari kajian al-Qur’an dan hadis secara teoritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. Suryadi, M.Ag.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Mar 2016 03:03
Last Modified: 17 Mar 2016 03:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19845

Actions (login required)

View Item View Item