STUDI TENTANG KUALITAS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2013/2014

LUTHFI NOOR ICHSAN MAHENDRA, NIM. 1220410006 (2016) STUDI TENTANG KUALITAS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2013/2014. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG KUALITAS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2013/2014)
1220410006_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG KUALITAS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2013/2014)
1220410006_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Luthfi Noor Ichsan Mahendra, S.Sos.I. STUDI TENTANG KUALITAS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT SERTA ALTERNATIF PENGATASANNYA DI SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2013/2014. Tesis, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kualitas pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah Borobudur. (2) mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah tersebut. Dan (3) merumuskan alternatif pengatasannya. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah SMP Muhammadiyah Borobudur kelas XII. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara digunakan untuk mengungkap pelaksanaan layanan melalui tanya jawab dengan guru pembimbing dan siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan bukti pelaksanaan setiap kegiatan layanan. Data hasil penggunaan teknik-teknik tersebut dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui faktor pendukung maupun penghambat layanan bimbingan dan konseling. Adapun faktor pendukungnya adalah (1) terpenuhinya komponen-komponen dalam pendidikan yang menunjang dan memfungsikan proses belajar mengajar secara utuh dan optimal, (2) tersedianya sarana dan prasana yang memudahkan pelaksanaan layanan BK, (3) minat dan semangat siswa dalam belajar (4) persiapan pembelajaran yang terencana oleh guru sehingga berjalan lancar dan terarah. Sedangkan penghambatnya adalah: (1) kurangnya buku penunjang layanan BK, (2) tenang pengajar BK yang terbatas. (3) guru kesulitan memutuskan strategi layanan BK. (4) siswa kurang mampu memanfaatkan fasilitas layanan BK.. Altenatif pengatasan yang dapat diberikan adalah berupaa layanan dasar bimbingan bagi siswa dengan meningkatkan bimbingan klasikal dan kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran serta bimbingan terencana bagi individu siswa yang bermasalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kualitas, faktor pendukung dan penghambat, alternatif pengatasan, dan layanan BK
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2016 15:32
Last Modified: 17 Mar 2016 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum