PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI ATAS PEMIKIRAN HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR DAN BISRI MUSTOFA DALAM TAFSIR AL-IBRIZ)

FIRMAN SIDIK, NIM. 1320411167 (2016) PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI ATAS PEMIKIRAN HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR DAN BISRI MUSTOFA DALAM TAFSIR AL-IBRIZ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI ATAS PEMIKIRAN HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR DAN BISRI MUSTOFA DALAM TAFSIR AL-IBRIZ))
1320411167_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI ATAS PEMIKIRAN HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR DAN BISRI MUSTOFA DALAM TAFSIR AL-IBRIZ))
1320411167_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Firman Sidik (1320411167). Pendidikan Akhlak (Studi atas Pemikiran Hamka dalam Tafsir al-Azhar dan Bisri Mustofa dalam Tafsir al-Ibriz). Tesis. Konsentrasi Pemikiran Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Pendidikan akhlak merupakan suatu proses yang dapat menumbuh kembangkan sikap manusia agar menjadi lebih sempurna, sehingga berdampak positif bagi kehidupan. Dengan demikian, pendidikan akhlak sangat dibutuhkan, mengingat realitas sekitar yang berada di tengah-tengah arus modernisasi dan westerrnisasi, semakin menunjukan kemerosotan akhlak. baik yang dilakukan oleh kaum awam, maupun para kaum intelektual. terlebih yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini yaitu yang berkategori remaja. pendidikan akhlak dalam penelitian ini di konstruk dari pemikiran Hamka dalam Tafsir al-Azhar dan Bisri Mustofa dalam Tafsir al-Ibriz. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yang data-datanya diperoleh dari studi pustaka. Adapun proses pengumpulan data, penulis menggunakan pendekatan tematik, yaitu berusaha menemukan ayat-ayat al-Qur’an yang mengandung tema tertentu, yang dalam penelitian ini adalah pendidikan akhlak, kemudian mengambil sebuah kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis), dengan menggunakan metode deduktif, induktif, komparatif, dan kesinambungan historis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Tafsir al-Azhar dan Tafsir al-Ibriz penulis membagi menjadi lima tema umum, yakni pertama, akhlak terhadap Allah Swt, yang meliputi nilai tauhid, nilai larangan berbuat syirik, dan nilai tawakal. Kedua, Akhlak terhadap kedua orangtua, yang meliputi, nilai berbakti kepada kedua orangtua, nilai menghormati kedua orangtua, dan nilai mentaati perintah kedua orangtua. Ketiga, akhlak terhadap diri sendiri, yang meliputi, nilai syukur, nilai sabar, nilai menuntut ilmu, dan nilai menjaga kesucian. Keempat, akhlak terhadap sesama, yang meliputi, nilai larangan berbuat sombong, nilai berbuat baik, dan nilai saling menghormati. Kelima, akhlak terhadap lingkungan, yang meliputi nilai larangan merusak lingkungan, dan nilai melestarikan lingkungan. Dalam kaitan itu, agar kelima aspek nilai tersebut dapat diinternalisasikan, serta berkontribusi positif terhadap pembinaan akhlak remaja, maka dalam praktiknya dapat menggunakan strategi moral knowing, strategi moral loving/moral feeling, dan strategi moral doing/moral action. Sehingga, setiap remaja dapat memiliki akhlak yang mulia terhadap Allah Swt, akhlak mulia terhadap kedua orangtua, akhlak mulia terhadap diri sendiri, akhlak mulia terhadap sesama, dan akhlak mulia terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Tafsir al-Azhar, Tafsir al-Ibriz.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2016 15:44
Last Modified: 17 Mar 2016 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum