RISK TAKING DAN KECEMASAN PESERTA DIDIK PADA SAAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MIDI HS, SPDI, NIM. 1320412188 (2016) RISK TAKING DAN KECEMASAN PESERTA DIDIK PADA SAAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RISK TAKING DAN KECEMASAN PESERTA DIDIK PADA SAAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
1320412188_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RISK TAKING DAN KECEMASAN PESERTA DIDIK PADA SAAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
1320412188_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Midi HS, S.Pd.I. RISK TAKING DAN KECEMASAN PESERTA DIDIK PADA SAAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa peserta didik mengalami risk taking yang rendah dan tingkat kecemasan yang tinggi pada saat pembelajaran bahasa Arab, untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab, dan untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk dapat meminimalisir rendahnya risk taking dan tingginya tingkat kecemasan peserta didik SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini; faktor penyebab rendahnya risk taking (pengambilan risiko) dan tingginya tingkat kecemasan siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta pada saat pembelajaran bahasa Arab berasal dari dua aspek. Aspek guru dan aspek siswa. Aspek guru; model mengajar guru yang terkesan monoton. Model, metode, dan media yang digunakan pada saat mengajar tidak variatif. Aspek siswa; fakor intern siswa. Disamping minimnya dukungan dari peranan seorang pengajar siswa cenderung mempunyai rasa cemas yang relatif tinggi pada situasi tertentu, sehingga siswa tidak mempunyai rasa percaya diri yang tinggi pada saat mengikuti pembelajaran. Sedangkan untuk proses pembelajaran bahasa Arab, secara teoritik tahapan-tahapan yang dilakukan oleh guru bahasa Arab pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung sudah benar. Ada tiga tahapan mengajar, tahap prainstruksional, tahap instruksional, dan tahap evaluasi dan tindak lanjut. Akan tetapi pada tiap-tiap tahapan-tahapan tersebut masih terdapat kekurangan. Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir rendahnnya risk taking dan tingginya tingkat kecemasan peserta didik yaitu dengan menganilisis secara komprehensip karakteristik dan kompetensi tenaga pendidik dan menganalisis secara komprehensip faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Khamim Zarkasyi Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: risk taking dan kecemasan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:20
Last Modified: 19 Apr 2016 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19875

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum