KEBIJAKAN PENERAPAN TIGA KURIKULUM DI PONDOK MODERN DARUL-IHSAN PAYAMAN NGANJUK JAWA TIMUR

SYAIFUL AMIN, S PD I, NIM. 1320412240 (2016) KEBIJAKAN PENERAPAN TIGA KURIKULUM DI PONDOK MODERN DARUL-IHSAN PAYAMAN NGANJUK JAWA TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PENERAPAN TIGA KURIKULUM DI PONDOK MODERN DARUL-IHSAN PAYAMAN NGANJUK JAWA TIMUR)
1320412240_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PENERAPAN TIGA KURIKULUM DI PONDOK MODERN DARUL-IHSAN PAYAMAN NGANJUK JAWA TIMUR)
1320412240_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)

Abstract

SYAIFUL AMIN. Kebijakan Penerapan Tiga Kurikulum di Pondok Modern Darul-Ihsan Payaman Nganjuk Jawa Timur. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Kurikulum juga wajib bersifat dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Di Indonesia pengembangan kurikulum sudah sering dilakukan demi mewujudkan tujuan pendidikan. Dari perubahan-prubahan kurikulum tersebut justru menimbulkan kebingungan bagi para akademisi. Dari kebingungan tersebut banyak lembaga pendidikan yang mengembangkan kurikulumnya sesuai dengan visi dan misi lembaga tersebut. Begitu juga pada dunia pesantren yang mana semakin diminati masyarakat karena dianggap dapat membekali para peserta didik baik dengan ilmu dunia maupun akhirat. Banyak pesantren yang sekarang mulai mengukuti kurikulum pemerintah tetapi tetap dapat mempertahankan jati dirinya. Salah satu pesantren tersebut adalah pondok modern Darul-Ihsan Payaman Nganjuk Jawa Timur. Pesantren ini selain mengikuti kurikulum pemerintah juga menerapkan kurikulum modern dan salaf. Berdasarkan kegelisahan di atas, penulis mengadakan penelitian di pondok modern Darul-Ihsan Payaman Nganjuk Jawa Timur. Penelitian ini penulis lakukan untuk menjawab kebingungan para akademisi atas perubahanperubahan kurikulum yang ada di Indonesia. Fokus penelitian ini adalah alasan adanya kebijakan penerapan tiga kurikulum, penerapannya dan faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapannya. Penelitian ini menggunakan dua metode pengumpulan data, yaitu wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Setelah data terkumpul dilakukan analisa dengan melihat konsep-konsep kurikulum. Sehingga dapat diketahui sejauh mana penerapan tiga kurikulum di PMDI Payaman Nganjuk Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan tiga kurikulum di pondok modern Darul-Ihsan berjalan sesuai dengan tujuan para pendirinya walaupun masih banyak yang perlu diperbaiki. Penelitian ini juga dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan pendidikan dan memberikan contoh sebuah kurikulum yang lengkap bagi para akademisi dalam menjawab perubahan-perubahan kurikulum yang ada di Indonesia walaupun kurikulum di pondok modern Darul-Ihsan ini masih perlu adanya perbaikan-perbaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.Si. M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:21
Last Modified: 18 Mar 2016 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum