KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI FITRAH (STUDI PENGEMBANGAN KECERDASAN ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM)

TIAN WAHYUDI, SPDI, NIM. 1120410013 (2016) KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI FITRAH (STUDI PENGEMBANGAN KECERDASAN ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI FITRAH (STUDI PENGEMBANGAN KECERDASAN ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM))
1120410013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI FITRAH (STUDI PENGEMBANGAN KECERDASAN ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM))
1120410013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tian Wahyudi. Konsep Pembelajaran Berbasis Potensi Fitrah (Studi Pengembangan Kecerdasan Anak Dalam Pendidikan Islam). Tesis pada Program Studi Pendidikan Islam, Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Tesis ini bermaksud untuk menjawab beberapa permasalahan utama. Pertama, bagaimana konsep pembelajaran berbasis fitrah. Kedua, bagaimana mengembangkan potensi fitrah bagi upaya peningkatan kecerdasan anak. Ketiga, bagaimana implementasi pembelajaran berbasis fitrah dalam pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Bahan yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Objek penelitian diarahkan kepada aspek-aspek yang berkaitan dengan pendidikan anak yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadits, yang ditekankan pada konsep pembelajaran. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analisys). Analisis isi digunakan untuk menganalisis tema-tema utama yang berkaitan dengan konsep pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis dan paedagogik. Pendekatan psikologis untuk memahami konsep dasar manusia secara psikis dan pendekatan paedagogik digunakan untuk memahami dan memetakan unsur-unsur pendidikan dalam Al-Qur’an dan hadits serta implementasinya dalam pendidikan Islam di Indonesia. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis potensi fitrah adalah pembelajaran yang menjadikan fitrah manusia berupa potensi-potensi dasar sebagai acuannya. Potensi-potensi tersebut bersifat dialektis-interaksional, sehingga dapat berkembang sesuai arahan pendidikan. Pembelajaran berbasis potensi fitrah ini berupaya mewujudkan keterpaduan antara potensi dasar manusia (fitrah) dengan ajaran Al-Qur’an (sebagai fiṭrah muazzalah) dan sunnah sebagai landasan pendidikannya. Ada 6 komponen potensi fitrah yang dapat dikembangkan, yaitu: 1) potensi beragama (tauhid, iman dan Islam); 2) potensi akal; 3) potensi moral; 4) potensi social; 5) potensi estetika dan; 6) potensi jasmani. Upaya peningkatan kecerdasan anak dilakukan dengan mengembangkan keenam potensi fitrah tersebut. Untuk itu langkah-langkah yang digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran mengacu pada enam komponen potensi fitrah di atas dengan mempertimbangkan aspek perkembangan anak. Pembelajaran berbasis fitrah dipandang masih cukup relevan untuk diimplementasikan di lembaga pendidikan Islam di Indonesia, khususnya sekolah dasar. Dalam konteks ini, ada empat unsur pembelajaran yang ditekankan. Pertama, unsur peningkatan kualitas pendidik, seabagai desainer sekaligus implementer pembelajaran, harus memahami mengenai potensi dasar anak. Kedua, unsur muatan materi pembelajaran yang dirancang dengan mengacu kepada potensi dasar anak, yang dalam hal ini memuat beberapa aspek yaitu aspek aqidah, ibadah, akal, moral, sosial, estetika, dan jasmani. Ketiga, metode pembelajaran yang digunakan, yaitu metode yang mendukung bagi berkembangya potensi fitrah, seperti metode keteladanan, hiwār, kisah, nasihat, amṡāl, pembiasaan, serta metode targīb dan tarhīb. Keempat, menciptakan media dan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan konstruktif bagi perkembangan potensi anak yaitu dengan menghadirkan estetika islami dalam berbagai media pembelajaran dan menampilkan pesan-pesan edukatif-islami, sehingga lambat laun nilai-nilai tesebut dapat tertanam dalam diri anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Abdurrahman Assegaf, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:31
Last Modified: 18 Mar 2016 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum