INTERPRETASI ANAK-ANAK TENTANG AGAMA DI TK RUMAH CITTA YOGYAKARTA

NUFITRIANI KARTIKA DEWI, NIM. 1120430016 (2016) INTERPRETASI ANAK-ANAK TENTANG AGAMA DI TK RUMAH CITTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERPRETASI ANAK-ANAK TENTANG AGAMA DI TK RUMAH CITTA YOGYAKARTA)
1120430016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (INTERPRETASI ANAK-ANAK TENTANG AGAMA DI TK RUMAH CITTA YOGYAKARTA)
1120430016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Nufitriani Kartika Dewi, NIM 1120430016, Interpretasi Anak-anak tentang Agama di TK Rumah Citta Yogyakarta. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui interpretasi anak usia 3-6 tahun tentang agama, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi interpretsi agama anak, dan (3) mengetahui kesesuaian interpretasi anak dengan teori berfikir. Sehingga diperoleh pemahaman dan perkembangan pemikiran anak-anak usia 3 tahun hingga 6 tahun tentang agama, diskripsi perkembangan pemikiran abstrak anak tentang agama, serta bukti kesesuaian interpretasi agama dengan teori berfikir dalam psikologi agama. Adapun teori yang digunakan adalah teori Piaget tentang tahapan berfikir pra-operasional 2-7 tahun, teori Elkind tentang tahapan perkembangan religuitas anak, teori Elizabeth Hurlock tentang agama anak, rumusan karakteristik keagamaan anak, Zakiyah Drajat tentang psikologi berfikir dan psikologi agama, Ernes Harmer tentang Tuhan, serta Spilka tentang doa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi agama. Penelitian ini berfokus pada persepsi atau pikiran anak-anak tentang agama. Teknik pengumpulan data dengan observasi, in-depth interview dan dokumentasi. Data sekunder dikumpulkan dengan cara analisis deskriptif melalui kutipan-kutipan langsung dari jawaban hasil wawancara yang kemudian dideskripsikan, diinterpretasikan dan disusun sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) anak usia 3-6 tahun sering mempersonifikasikan istilah agama yang dirasa rumit meski ada informan yang tidak mempersonifikasikan hal yang sama. Agama masih sangat bersifat ritual. (2) intepretasi agama anak dipengaruhi oleh pengalaman, orang tua, guru, lingkungan dan media. Hanya ada 3 orang tua yang dengan berani memberikan pemahaman pada anak bahwa Tuhan tidak berwujud manusia, yang kemudian diamini oleh anak. Sementara usia, jenis kelamin dan pemikiran anak sendiri turut mempengaruhi persepsi masing-masing anak tapi itu semua tidak terlihat jelas, sangat samar sehingga dianggap tidak terlalu signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengalaman, pengetahuan baik dari orang tua maupun dari apa yang diketahuinya yang mempengaruhi perspektif agama. (3) Menurut usianya, informan berada pada tahapan pra-operasional, di mana anak lebih menggunakan bahasa simbol dan memaknai sesuatu dari sudut pandangnya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut informan ada yang bisa dan ada yang tidak menerima perspektif orang lain tentang agama. Hasil temuan berikutnya menunjukkan beberapa perkembangan berfikir informan sesuai dengan tahapan perkembangan diusianya namun di saat yang bersamaan, peneliti menemukan beberapa tahapan perkembangan berfikir informan telah melampaui tahapan usianya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Interpretasi agama, Tahapan Perkembangan Berfikir, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Mar 2016 02:37
Last Modified: 18 Mar 2016 02:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19887

Actions (login required)

View Item View Item