PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

NUR HADI, NIM. 1320410045 (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
1320410045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
1320410045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nur Hadi : Pengaruh Strategi Pembelajaran everyone is a teacher here dan the power of two Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiah 2 Yogyakarta. Pembelajaran Agama Islam dengan menggunakan active learning akan menjadi lebih aktif, partisipatif dan bermakna sehingga terjadi keterlibatan fisik, mental, intelektual maupun emosional dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dengan pendekatan everyone is a teacher here dan the power of two dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerapan strategi pembelajaran diterapkan di dua kelas yang berbeda dengan karakteristik yang hampir sama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subyek adalah siswa kelas VII E dan VIII H siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Data diperoleh dengan tugas atau job steet, observasi, dokumentasi dan test untuk mengukur prestasi belajar siswa. Test hasil belajar diberikan setelah siswa diberikan materi dengan pendekatan everyone is a teacher here pada kelas VII E dan the power of two VIII H. Pembelajaran dengan pendekatan everyone is a teacher here diawali penyampaian materi sifat durhaka, dusta dan bertengkar. Peneliti meminta siswa membuat sebuah pertanyaan berdasarkan materi serta siswa lain menjawabnya. Kegiatan selanjutnya siswa lain bisa menambahkan masukan serta memperbaiki jawaban. Pembelajaran dengan pendekatan the power of two diawali dengan materi yang sama. Kemudian peneliti memberikan pertanyaan yang membutuhkan refleksi. Peneliti meminta siswa untuk merenungkan menjawab secara mandiri dilanjutkan dengan mendiskusikan jawaban secara berpasangan. Hasil analisis data dari perbandingan antara strategi pembelajaran everyone is a teacher here dan the power of two yakni diantara kedua strategi pembelajaan tersebut memiliki perbedaan mean yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan nilai t dengan equal variances assumed sebesar 2,377 dengan nilai signifikansi (p) = 0,020>0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil pembelajaran everyone is a teacher here dan the power of two. Strategi pembelajaran everyone is a teacher here memiliki mean sebesar 87.5556 sedangkan pendekatan the power of two memiliki mean sebesar 82.8889, jadi mean pendekatan everyone is a teacher here lebih tinggi dibandingkan pendekatan the power of two. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan strategi pembelajaran everyone is a teacher here lebih efektif dibandingkan dengan the power of two dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj Siti Fathonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Everyone Is a Teacher Here, The Power Of Two, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:45
Last Modified: 18 Mar 2016 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19889

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum