EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEMAHIRAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

MOHAMAD MUSLIM, NIM. 1320410076 (2016) EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEMAHIRAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEMAHIRAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015)
1320410076_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEMAHIRAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015)
1320410076_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses belajar mengajar yang bertujuan untuk menghasilkan perubahan tingkah laku yang diharapkan. Guna mencapai tujuan pendidikan, tentunya harus ada hal yang menjadi bahan atau materi untuk disampaikan kepada anak didik agar dapat dikuasai dan dipahami. Supaya materi dapat dipahami oleh anak didik, maka tentu saja harus menggunakan metode dalam melakukan komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Pemberian reward dan punishment merupakan salah satu metode dalam pembelajaran yang dapat mengontrol laju pembinaan prestasi anak. Reward dan punishment menjadi penting karena sebagai salah satu faktor yang mendukung keberhasilan anak dalam pendidikan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa yaitu dengan menentukan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa MTs Negeri Babadan Baru Sleman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui langkah-langkah dan efektivitas pemberian reward dan punishment terhadap kemahiran berbahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Babadan Baru Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimental semu (Quasi Experimental Designs). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, tes, validitas tes dan reliabilitas tes. Teknik analisis data dengan rumus t-test Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Langkah-langkah pembelajaran kemahiran bahasa Arab dengan pemberian reward dan punishment yang disiapkan oleh guru dimulai dengan pembelajaran kemahiran istimā’, kalām, qirā’ah dan kitābah. Proses pemberian reward ketika pembelajaran sedang berlangsung dan setelah selesai ujian, sedangkan proses pemberian punishment ketika pembelajaran sedang berlangsung. 2) Pemberian reward dalam pembelajaran kemahiran bahasa Arab sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri Babadan Baru Sleman. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 10,998 dan nilai signifikansi yang diperoleh setelah menguji selisih nilai hasil post test dan pre test pemberian reward dari kelompok eksperiment dan kelompok kontrol dengan rumus statistik t-test Independent Samples Test yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,01 maupun 0,05. 3) Pemberian punishment dalam pembelajaran kemahiran bahasa Arab sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri Babadan Baru Sleman. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 9,463 dan nilai signifikansi yang diperoleh setelah menguji selisih nilai hasil post test dan pre test pemberian punishment dari kelompok eksperiment dan kelompok kontrol dengan rumus statistik t-test Independent Samples Test yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,01 maupun 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, Reward dan Punishment, Bahasa Arab, Eksperimen.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:51
Last Modified: 18 Mar 2016 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum