KEBIJAKAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO TENTANG KEMITRAAN DENGAN PONDOK PESANTREN DALAM PENINGKATAN MUTU

TEGUH WIYONO, SPDI, NIM. 1320411117 (2016) KEBIJAKAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO TENTANG KEMITRAAN DENGAN PONDOK PESANTREN DALAM PENINGKATAN MUTU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO TENTANG KEMITRAAN DENGAN PONDOK PESANTREN DALAM PENINGKATAN MUTU)
1320411117_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO TENTANG KEMITRAAN DENGAN PONDOK PESANTREN DALAM PENINGKATAN MUTU)
1320411117_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

TEGUH WIYONO. 2015. Kebijakan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto tentang kemitraan dengan pondok pesantren dalam peningkatan mutu. Program studi pendidikan Islam. Konsentrasi manajemen dan kebijakan pendidikan Islam. Program pascasarjana universitas Islam negeri sunan kalijaga yogyakarta. Pembimbing Dr. Sabarudin, M.Si. Latar belakang penelitian ini adalah adanya problematika berkaitan dengan rendahnya mutu keilmuan dasar keislaman mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto tentang Baca, Tulis Al-Qur'an (BTA) dan Praktek Pengamalan Ibadah (PPI). Padahal STAIN merupakan Perguruan Tinggi Islam sudah barang tentu menghasilakan para lulusan yang bermutu yang menguasai ajaran agama Islam yang benar. Dengan adanya problematika tersebut ketika di masa kepemimpinan Dr. Lutfi Hamidi, M.Ag membuat dan menetapkan kebijakan kemitraan dengan pondok pesantren dalam rangka mengatasi rendahnya mutu. Berangkat dari latar belakang tersebutlah peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang kebijakan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto dalam peningkatan mutu, yang berkaiatan dengan penJingnya penetapan kebijakan kemitraan, implementasi kebijakan kemitraan, efektivitas kebijakan kemitraan dan faktor pendukung dan penghambat dalam kebijakan kemitraan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field riset) yang bersiifat kualitatif. Sasaranya adalah seluruh pihak yang terlibat dalam proses penetapan kebijakan, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi wawancara dan dokumen. Analisis data yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Pemeriksaan terhariap keabsahan data dengan mengadakan triangulasi dengan sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dalam '*,aktu dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan. Pertama, STAIN dalam menetapan kebijakan kemitraan dengan pondok pesantren bertujuan meningkatan mutu. Kedua,Implementasi kebijkan kemitraan berjalan dengan baik karena dari pihak pondok dan STAIN saling terbuka. Keiiga, kebijakan kemitaan bejalan dengan efektiv terlihat dari data dan fakta mahasiswa mengalami peningkatan terhadap mutu Keislaman. Keempat, beberapa faktor pendukung dalam kebijaka.n kemitraan diantaranya, ptrd pengajar/pengasuh pondok pesantren secara garis besar adalah para dosen yang mengajar di kampus, sehingga koordinasi mudah dijalankan. Kemudian faktor penghambat, diantaranya masih banyaknya para mahasiswa yang mengeluh untuk tinggal di pondok pesantren yang menjadikan mereka tinggal di pondok karena terpaksa, dari pihak penguji kurang profesional, sehingga masih perlu banyak evaluasi agar tidak rnerugikan mahasis.wa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabaruddin, M.s
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, kemitraan, penigkatan mutu.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:55
Last Modified: 18 Mar 2016 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum