IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIK DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO

NANANG MUSWARIANTO, SPDI, NIM. 1320412141 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIK DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIK DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO)
1320412141_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIK DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO)
1320412141_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nanang Muswarianto, Implementasi Manajemen Pendidik di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Tesis, Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini berawal dari lembaga pendidikan Islam (pesantren) yang kurang mampu mengelola sumber daya manusia dengan baik, sehingga membuat pesantren kian meredup dikarenakan pengelolaan yang tidak tepat. Selain dari pengelolaan berbagai permasalahan dengan guru atau pendidik juga mendominan permasalahan guru antara lain: pendidikan guru kurang memadai, sistem pengangkatan masih bebau KKN, hak guru belum terpenuhi, distribusi guru kurang maksimal, kepemimpinan lembaga pendidikan masih kaku, sehingga berdampak pada pengelolaan yang kurang maksimal. Dengan pengelolaan yang baik Pondok Pesantren sangat mungkin dapat bersaing dengan lembaga pendidikan umum sehingga dampak yang diperoleh ialah akan mendapat respon positif dari masyarakat dan pondok dapat berkembang dengan sendirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan; (1) Implementasi manajemen pendidik di Pondok Modern Darussalam Gontor, (2) Upaya yang dilakukan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor dalam meningkatkan kompetensi guru, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Manajemen Pendidik di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, interview, dan dokumentasi. Sedang untuk menganalisis data digunakan analisis model Miles dan Hubermen, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data, data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen pendidik di Pondok Modern Darussalam Gontor telah menggunakan tiga fungsi manajemen, yaitu; (1) Perencanaan: melihat pada program kegiatan tahunan, melihat kalender akademik, mencari informasi dari guru, lembaga terkait, dan staf Pondok. (2) Pengorganisasian: pembagian tugas dan tanggung jawab dengan membagi ruang dan kamar para staf untuk menempati lembaga tertentu, penempatan staf sesuai bidang keahlian masing-masing, menyusun program kerja harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. (3) Pengendalian secara langsung maupun tidak langsung oleh Direktur KMI dan Pimpinan Pondok. Upaya yang dilakukan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor dalam meningkatkan kompetensi guru ialah, dengan, (1) studi lanjut, (2) daurah, (3) sertifikasi guru. Sedangkan faktor pendukung Implementasi Manajemen Pendidik di Pondok Modern Darussalam Gontor ialah; (1) kemandirian, (2) kepemimpinan yang kuat, (3) lingkungan yang mendukung, (4) kerjasama dengan lembaga lain. Sedangkan faktor penghambat antara lain; (1) tidak ada pembukuan dan peraturan yang tertulis, (2) tidak ada dokumentasi terkait kebijakan Direktur KMI dan Pimpinan Pondok.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si., MA.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidik, Pondok Modern Gontor
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:57
Last Modified: 18 Mar 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum