PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KELAS V (LIMA) SEMESTER II (DUA) DI MI MUNZALAM MUBAROKA BULUKERTO WONOGIRI

PRAPTININGSIH, NIM. 1320422021 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KELAS V (LIMA) SEMESTER II (DUA) DI MI MUNZALAM MUBAROKA BULUKERTO WONOGIRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KELAS V (LIMA) SEMESTER II (DUA) DI MI MUNZALAM MUBAROKA BULUKERTO WONOGIRI)
1320422021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KELAS V (LIMA) SEMESTER II (DUA) DI MI MUNZALAM MUBAROKA BULUKERTO WONOGIRI)
1320422021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Praptiningsih, S.Pd.I., “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sains Pokok Bahasan Proses Pembentukan Tanah Kelas V (Lima) Semester II (Dua) di MI Munzalam Mubaroka Bulukerto Wonogiri”. TESIS. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Konsentrasi Sains. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran sains pokok bahasan proses pembentukan tanah kelas V (lima) semester II (dua) di MI Munzalam Mubaroka Bulukerto Wonogiri. (2) Untuk Mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran sains pokok bahasan proses pembentukan tanah kelas V (lima) semester II (dua) di MI Munzalam Mubaroka Bulukerto Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan dari Thiagarajan yaitu “define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) and disseminat (penyebarluasan)” disingkat 4-D. Pengembangan media pembelajaran audio visual ini diujikan kepada ahli media dan ahli materi, 2 (dua) guru dan direspon oleh 10 siswa. Instrumen penilaian media pembelajaran audio visual berupa angket yang berisi aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian yang dilakukan oleh ahli media meliputi 3 (tiga) aspek penilaian dengan 16 kriteria. Penilaian yang dilakukan oleh ahli materi meliputi 2 (dua) aspek penilaian dengan 16 kriteria. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi keseluruhan aspek yaitu, 6 (enam) aspek penilaian dengan 38 kriteria. Penilaian (respon) siswa meliputi 2 (dua) aspek penilaian dengan 10 kriteria. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran audio visual. Produk yang dihasilkan menunjukkan bahwa, berdasarkan penilaian ahli media, produk ini dalam kategori Baik (B) dengan skor 66 dan persentase keidealan 82,5%. Berdasarkan penilaian ahli materi, termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan skor 76 dan persentase keidealan 95%. Berdasarkan penilaian guru, termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan skor 332 dan persentase keidealan 87,4%. Berdasarkan respon 10 siswa kelas V (lima) MI Munzalam Mubaroka Bulukerto Wonogiri setelah melalui uji normalitas diperoleh hasil 0, 152 lebih besar dari maka, berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji-t dilihat dari kedua aspek yaitu pemahaman dan minat antara sebelum menggunakan media audio visual dengan sesuadah menggunakan media audio visual menunjukkan nilai signifikansi 0,026 lebih kecil dari , maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan media audio visual 7.80 dan sesudah menggunakan media audio visual 8.90. Dengan demikian, ada perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan media audio visual dengan sesudah menggunakan media audio visual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Susy Yunita Prabawati, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, audio visual
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 10:20
Last Modified: 18 Mar 2016 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum