DASAR-DASAR PEMIKIRAN MENUJU ILMU NEUROSAINS PENDIDIKAN ISLAM (OPTIMALISASI POTENSI OTAK DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI)

SUYADI, MPDI, NIM. 1130016006 (2016) DASAR-DASAR PEMIKIRAN MENUJU ILMU NEUROSAINS PENDIDIKAN ISLAM (OPTIMALISASI POTENSI OTAK DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (DASAR-DASAR PEMIKIRAN MENUJU ILMU NEUROSAINS PENDIDIKAN ISLAM (OPTIMALISASI POTENSI OTAK DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI))
1130016006_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img] Text (DASAR-DASAR PEMIKIRAN MENUJU ILMU NEUROSAINS PENDIDIKAN ISLAM (OPTIMALISASI POTENSI OTAK DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI))
1130016006_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian interdisipliner dan transdisipliner ini adalah meletakkan dasar-dasar pemikiran menuju ilmu baru yang disebut dengan istilah Neurosains Pendidikan Islam (NPI) atau semacam ilmu saraf kependidikan Islam, khususnya dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian kualitatif dalam bentuk library research dan field research. Library research berupaya menghubungkan pendidikan Islam dan neurosains secara interaktif dan kolaboratif (pos integratif). Field research berupaya melakukan diferensiasi tipologi varian PAUD secara imajisi kreatif di sebelas lembaga PAUD pada wilayah Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi naturalistik, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif analitis. Penelitian kepustakaan (library research) yang menghubungkan pendidikan Islam dan neurosains secara interaktif dan kolaboratif (pos integratif) menemukan dasar-dasar pemikiran sebagai peletak awal dibangunnya ilmu Neurosains Pendidikan Islam, yakni berpikir rasional, emosional dan spiritual. Penelitian lapangan (field research) di sebelas lembaga PAUD pada wilayah Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah menemukan teori diferensiasi tipologi PAUD, yakni PAUD Robotik, Akademik dan Saintifik. PAUD robotik adalah PAUD yang berpotensi merusak otak anak didik, PAUD akademik adalah PAUD yang berpotensi membonsai potensi otak anak didik (hanya mengembangkan salah satu dimensi berpikir: rasional saja, misalnya) dan PAUD saintifik adalah PAUD yang berpotensi melakukan optimalisasi potensi otak anak didik secara optimal. Secara konseptual, disertasi ini menemukan mini teori berupa ragam rancang bangun stimulasi edukatif, seperti: neurobic, Islamic neurosoryscience, gerakan unik, tarian estetik, gambar abstrak-imajinatif dan mewarnai secara sintetik. Secara praktis, pendidikan Islam dan neurosains mempunyai relevansi dengan pendidikan karakter dan sistem kendali diri dalam mekanisme pembelajaran anak usia dini dalam bentuk: (a) otak tiga dimensi, (b) otak karakter, (c) menara potensi, dan (d) sistem kendali diri dalam Al-Qur’an dan neurosains; riyadhah emosi, religious learning, empatic learning dan barisan kesabaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag dan Dr. Dr. H. Taufiq Fredrik Pasiak, M.Pd.I., M.Kes.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Neurosains dan Pembelajaran Anak Usia Dini.
Subjects: Ilmu Agama Islam
Kependidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:14
Last Modified: 22 Mar 2016 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum