PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II

AAN SITI NURJANAH, NIM. 11680023 (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II)
11680023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II)
11680023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pencemaran dan kerusakan lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar pada aspek kognitif siswa di MTs Negeri Yogyakarta II. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan mengggunakan dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan kelas kontrol menggunakan pendekatan teacher centered. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test dan Independent Sample t-Test, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh 80,06% dan 76,24%. Skor rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh 71,09 dan 53,44. Berdasarkan hasil uji hipotesis motivasi belajar menggunakan Mann Whitney UTest dan hasil belajar aspek kognitif menggunakan Independent Sample t-Test menunjukkan nilai signifikasi.p < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar pada aspek kognitif siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan di kelas VII MTs Negeri Yogyakarta II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendekatan contextual teaching and learning (CTL), motivasi, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Mar 2016 10:23
Last Modified: 23 Mar 2016 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum