PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

DWI MASFUFAH, NIM. 11680055 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
11680055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
11680055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran m-learning berbasis Android pada materi virus untuk siswa kelas X SMA/MA dan mengetahui kualitas produk media pembelajaran m-learning berbasis Android pada materi virus untuk kelas X SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah Four-D model (Define, Design Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai pada tahap Develop. Media mobile learning dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 1 ahli IT, 3 peer reviewer, 2 guru biologi dan 10 siswa kelas X SMA untuk mengetahui tanggapan siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket check list. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang selanjutnya akan diubah menjadi data kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan telah dihasilkan produk media pembelajaran mobile learning berbasis Android dengan model pengembangan 4-D pada materi virus untuk kelas X SMA/MA. Produk tersebut dapat diakses melalui Bluetooth dan google play store. Adapun kualitas media mobile learning berdasarkan hasil penilaian yaitu ahli media termasuk kategori Sangat Baik 96,4%, ahli materi termasuk kategori Sangat Baik 84,6%, ahli IT termasuk kategori Sangat Baik 84%, peer reviewer termasuk kategori Sangat Baik 85,8%, dan guru biologi termasuk kategori Sangat Baik 86,7%, didukung oleh respon siswa terhadap produk termasuk kategori Baik (80,5%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran m-learning berbasis Android yang dikembangkan dengan model 4-D dinyatakan layak digunakan dengan pembelajaran biologi siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dian Noviar, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: mobile learning, Android, media pembelajaran, dan Virus
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Mar 2016 06:28
Last Modified: 23 Mar 2016 06:28
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/19945

Actions (login required)

View Item View Item